Comscore Tracker

Kisaran Gaji Penyelam yang Perbaiki Kabel Internet di Laut

Bisa kantongi Rp1 miliar per tahun lho!

Jakarta, IDN Times - Beberapa hari lalu, para pengguna jaringan internet, terutama Indihome dan Telkomsel, dilanda rasa kesal. Jaringan internet terganggu, diakibatkan oleh adanya kabel laut yang mengalami gangguan.

Alhasil, untuk memperbaiki hal tersebut, teknisi pun diturunkan untuk menyelam ke laut demi memperbaiki kabel yang rusak. Alhasil, video yang memperlihatkan sang teknisi menyelam ke laut menjadi viral, karena mengundang simpati warganet.

Sebenarnya, berapa sih, gaji dari teknisi yang menyelam tersebut? Berikut kisarannya.

1. Penyelam masuk ke jasa penyedia layanan internet

Kisaran Gaji Penyelam yang Perbaiki Kabel Internet di LautANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Penyelam yang bekerja memperbaiki kabel di laut itu termasuk ke dalam industri penyedia jasa layanan internet. Ada beberapa industri yang memang memiliki tim penyelam tersendiri.

Dilansir Bureau of Labor Statistic, beberapa industri tersebut adalah konstruksi, teknik sipil, museum, situs sejarah, kegiatan pendukung transportasi air, arsitektur, dan beberapa industri lainnya. Gaji dari para tim penyelam ini bermacam-macam.

Baca Juga: Telkom Buka Suara soal Gangguan Indihome, Begini Penjelasannya

2. Kisaran gaji tim penyelam di beberapa industri tersebut

Kisaran Gaji Penyelam yang Perbaiki Kabel Internet di Lautilustrasi penyelam di laut dalam (Pixabay/Free-Photos)

Tim penyelam untuk beragam industri tersebut memiliki jumlah gaji berbeda. Untuk penyelam industri arsitektur, teknik, dan layanan terkait, besaran gajinya mencapai 34,30 dolar AS (setara Rp488 ribu) per jam. Per tahunnya, gaji bisa mencapai 70.570 dolar AS (sekitar Rp1 miliar).

Lalu, penyelam industri teknik sipil dan teknik berat lainnya, mendapatkan gaji 33,39 dolar AS (sekitar R475 ribu) per jam. Per tahun, mereka bisa mengantongi sekitar 70.570 dolar AS (sekitar Rp1 miliar).

Dari beragam gaji tim penyelam tersebut, diperkirakan gaji teknisi yang menyelam memperbaiki kabel laut internet itu berada di angka yang tidak jauh berbeda. Risiko pekerjaan mereka juga terbilang besar.

Para penyelam ini bekerja untuk memeriksa, memperbaiki, melepas, atau memasang peralatan dan struktur yang ada di bawah laut. Pekerjaan mereka biasa menggunakan beragam alat listrik, seperti bor, palu godam, hingga alat-alat las.

Baca Juga: Indihome Luncurkan Indihome Lite, Satu Router untuk Dua Rumah

3. Telkom buka suara mengenai gangguan Internet

Kisaran Gaji Penyelam yang Perbaiki Kabel Internet di Lautindihome.co.id

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, buka suara soal gangguan internet yang sempat melanda berbagai daerah di Indonesia. Dia mengungkapkan, gangguan itu terjadi lantaran adanya gangguan di sistem kabel laut.

Jadi, sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan (JaSuKa) di ruas Batam hingga Pontianak mengalami gangguan pada Minggu (19/9/2021) sekitar 17.33 WIB. Akibat gangguan tersebut, kata Reza, terjadi pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup.

Baca Juga: Indihome Trending di Twitter, Warganet Teriak Loading Lemot

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya