KSAD: Mantan Atlet Voli Aprilia Manganang Dipastikan Berstatus Pria

Aprilia Manganang jalani correction surgery di RSPAD

Jakarta, IDN Times - Sersan Dua (Serda) yang juga mantan atlet Timnas Bola Voli Indonesia, Aprilia Manganang, akhirnya resmi mengalami perubahan status. Ia dipastikan berganti status dari wanita menjadi pria.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal Andika Perkasa menyebut, dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan pihak TNI AD di RSPAD pada 3 Februari, tampak bahwa Manganang memang lebih memiliki organ kelamin jenis pria dibandingkan wanita.

"Kemudian pemeriksaan hormonalnya pun begitu, hormonal yang normal, hormon testosteronnya diukur, sehingga secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini bahwa sersan manganang lebih memiliki hormonal yang masuk dalam kategori normal, laki-laki," ujar Andika dalam jumpa pers yang disiarkan oleh tvOne, Selasa (9/3/2021).

1. Manganang disebut memiliki hipospadia

KSAD: Mantan Atlet Voli Aprilia Manganang Dipastikan Berstatus Priainstagram.com/manganang92

Andika juga menyebut, sejak lahir Aprilia sejatinya adalah seorang pria. Namun, ia mengalami kelainan yang disebut hipospadia, yakni kelainan pada sistem reproduksi. Kelainan ini memang kerap terjadi di Indonesia, namun dalam skala yang terbilang jarang, yakni satu berbanding 1:250.

"Jadi seseorang yang kemudian diberi nama Aprilia Manganang tidak seberuntung kita semua, jadi saat dilahirkan anak ini memiliki kelainan pada sistem reproduksinya, yang dalam terminologi kesehatan disebut hipospadia," ujar Andika.

Baca Juga: 10 Potret Aprilia Manganang, Atlet Voli Putri Gagah Sarat Prestasi

2. TNI AD tawarkan bantuan operasi untuk Manganang

KSAD: Mantan Atlet Voli Aprilia Manganang Dipastikan Berstatus PriaKasad Jenderal TNI Andika Perkasa menangis mendengar cerita paramedis (Youtube/TNI AD)

Berdasarkan hasil pemeriksaan ini, pihak TNI AD pun menawarkan kepada Manganang untuk melakukan operasi correction surgery. Bantuan ini disambut dengan baik oleh Manganang, dan Andika menyebut, Manganang mengaku senang akan bantuan ini.

"Sersan Manganang rupanya menyambut dengan sangat excited karena rupanya inilah yang dia tunggu-tunggu, sehingga saya hadirkan tim dari RSPAD lengkap, kemudian kita lakukan pemeriksaan secara lengkap di RSPAD dengan menggunakan seluruh faslitias kesehatan yang kami punya," ujar Andika.

3. Manganang adalah mantan atlet voli putri Indonesia

KSAD: Mantan Atlet Voli Aprilia Manganang Dipastikan Berstatus Priainstagram.com/manganang92

Pada September 2020 lalu, Aprilia Manganang mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari dunia bola voli. Kabar itu diumumkan lewat akun Instagramnya, @manganang92, kepada para pecinta bola voli di Indonesia.

"Mengapa saya mengambil keputusan ini, karena saya ingin hidup lebih baik, ingin meraih kebenaran dalam hati saya, kedamaian. Karena itu, ini keputusan terbaik bagi saya," ujar Manganang.

Pada 2016, Manganang sudah direkrut sebagai anggota TNI AD lewat rekrutmen khusus bintara yang berprestasi. Saat itu, Manganang dinyatakan lolos sebagai wanita dan sampai menjadi anggota Korps Wanita Angkatan Darat karena pemeriksaan yang dilakukan pihak TNI belum selengkap ketika 3 Februari kemarin.

Baca Juga: Kerap Tampak Macho, 9 Bukti Aprilia Manganang Bisa Tampil Manis Juga

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya