Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Tol Pulau Jawa

Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyebut, Korlantas akan menggelar swab antigen secara acak di beberapa rest area tol di Pulau Jawa. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 selama libur Imlek.

“Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan,” ujar Istiono kepada wartawan, Selasa, 9 Februari 2021.

1. Kakorlantas cek pelaksanaan protokol kesehatan di terminal dan stasiun

Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Tol Pulau JawaIlustrasi pemeriksaan suhu wisatawan masuk Palembang di terminal Alang Alang Lebar Palembang (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Istiono juga mengungkapkan, pada Selasa (9/2/2021), pihaknya telah mengecek pelaksanaan protokol kesehatan, sejalan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di beberapa lokasi keberangkatan pemudik. Lokasi-lokasi tersebut adalah Terminal Pulo Gebang dan Stasiun Gambir.

Ia pun puas dengan penerapan protokol kesehatan di Pulo Gebang dan Gambir. Pelaksanaan protokol kesehatan di Pulo Gebang berjalan baik berkat adanya alat tes GeNose C19.

“Ini kesiapan kita bahwa terminal Pulo Gebang sudah siap untuk melakukan langkah-langkah prokes COVID-19 yang harus dilakukan oleh penumpang. Agar COVID-19 bisa ditekan secara maksimal,” ungkap Istiono.

Sedangkan di Gambir, ia juga mengapresiasi ketatnya persyaratan swab antigen bagi masyarakat yang hendak mudik menggunakan kereta. Tidak ada hasil swab antigen, maka pemudik tidak akan bisa pulang ke kampung halamannya.

"Persyaratan harus menggunakan swab antigen, baru mereka bisa mudik ke tempat tujuannya," ujar Istiono.

Baca Juga: Gak Cuma ASN, Semua Warga Sebaiknya di Rumah saat Libur Panjang Imlek

2. Adanya contra flow di KM 117 hingga KM 126 tol Cipali

Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Tol Pulau JawaJalan Tol Cipali KM 122 Ambles (ANTARA/Ho Humas Tol Cipali)

Lebih lanjut, Istiono mengatakan pihaknya memberlakukan contra flow mulai dari KM 117 hingga KM 126 di jalan tol Cipali. Rekayasa lalu-lintas diberlakukan menyusul amblasnya jalan di KM 122 dari Cirebon arah Jakarta.

“Kami berkoordinasi dengan BPJT dan Kementerian PUPR, yaitu melakukan contra flow dari 126 sampai 117. Ini diharapkan lalu lintas yang dari Semarang ke Jakarta bisa tertangani dengan cepat dan baik,” kata Istiono.

Istiono menyebut, pihaknya memberlakukan contra flow untuk mengurai kepadatan lalin di tol Cipali. Pada Selasa (9/2/2021), Istiono menargetkan untuk memberlakukan contra flow sepanjang 1 KM dari KM 122 hingga KM 123.

3. Istiono prediksi puncak arus mudik libur Imlek jatuh pada 11 Februari 2021

Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Tol Pulau JawaIlustrasi pemudik. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Istiono memprediksi puncak arus mudik libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur Imlek ini akan terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021. Mayoritas tujuan dari para pemudik ini adalah daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia juga mengungkapkan, jajaran Korlantas Polri siap menjaga arus lalu lintas di jalur mudik. Ini semua agar masyarakat yang berlibur di masa libur Imlek ini dapat pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

"Kami gelar personel, pos-posi diisi jajaran, baik di jalan tol maupun arteri. Di pos-pos ini kami kerahkan semua untuk (menjaga arus mudik dan arus balik) Imlek ini, terutama di tempat wisata dan pusat perbelanjaan," beber Istiono.

Baca Juga: COVID-19, Tidak Ada Hingar Bingar Lampion di Solo, Imlek Lewat Online

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya