Comscore Tracker

Massa Aksi 1812 Dipukul Mundur, Situasi Medan Merdeka Kondusif

Lalu lintas sekitar Medan Merdeka sudah kembali lancar

Jakarta, IDN Times - Situasi sekitar kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, pada Jumat (18/12/2020) terpantau kondusif selepas massa aksi 1812 dipukul mundur oleh pihak kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat.

Pantauan IDN Times, per pukul 16.00, kendaraan sudah bisa melintasi Jalan MH Thamrin arah ke Hotel Indonesia, begitu pula Jalan Medan Merdeka Selatan menuju ke arah Balai Kota DKI Jakarta.

Jalan Medan Merdeka Barat arah Istana Merdeka yang sempat ditutup, juga sudah mulai bisa dilalui oleh kendaraan. Keramaian sudah tampak lagi di wilayah Medan Merdeka.

1. Massa dipukul mundur sekitar pukul 14.30 WIB

Massa Aksi 1812 Dipukul Mundur, Situasi Medan Merdeka KondusifMassa aksi 1812 tiba di lokasi aksi pada Jumat (18/12/2020) (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Massa aksi 1812 yang sempat memadati area Patung Kuda, sudah mulai dipukul mundur oleh pihak kepolisian sejak pukul 14.30 WIB. Massa pun mundur ke beberapa arah, ada yang ke arah Tanah Abang maupun sekitar kawasan Thamrin.

Sekitar pukul 15.00 WIB, massa pun akhirnya membubarkan diri. Area Medan Merdeka sementara ini sudah steril dari peserta aksi. 

Baca Juga: [BREAKING] 155 Peserta Aksi 1812 Ditangkap, Ada yang Bawa Ganja

2. Petugas kebersihan mulai bekerja

Massa Aksi 1812 Dipukul Mundur, Situasi Medan Merdeka KondusifKondisi Medan Merdeka, Jumat (18/12/2020) sore pada Aksi 1812 (IDN Times/Sandy)

Seiring dengan kondisi yang sudah kondusif, petugas kebersihan pun mulai disebar untuk membersihkan area Medan Merdeka. Mereka membersihkan mulai dari area Medan Merdeka Barat hingga Medan Merdeka Selatan.

Usai aksi 1812 ini, tidak terlalu banyak sampah yang berserakan di jalan. Petugas kebersihan pun mampu membersihkan jalan dengan cepat, tanpa mengganggu lalu lintas di sekitar Medan Merdeka.

3. Petugas kepolisian masih berjaga

Massa Aksi 1812 Dipukul Mundur, Situasi Medan Merdeka KondusifKondisi Medan Merdeka, Jumat (18/12/2020) sore pada Aksi 1812 (IDN Times/Sandy)

Meski situasi sudah kondusif, petugas kepolisian masih berjaga di area Medan Merdeka, termasuk di area Patung Kuda dan depan Gerbang Monas.

Selain memantau kondisi, pihak kepolisian juga mengatur jalannya lalu lintas di sekitar Medan Merdeka. Kendaraan taktis kepolisian masih tampak bersiaga di depan gerbang.

Baca Juga: [BREAKING] Kapolres Jakpus Perintahkan Tangkap Massa 1812 yang Melawan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya