Mobil Offroad Bantu Evakuasi Mobil yang Terjebak Banjir di Kemang

Mobil ini menarik mobil-mobil yang terendam banjir

Jakarta, IDN Times - Ada pemandangan tidak biasa yang tampak pada saat banjir di wilayah Kemang Raya, Sabtu (20/2/2021). Sejumlah mobil offroad terparkir di pinggir jalan.

Mobil-mobil offroad ini merupakan mobil milik Federasi Offroad Indonesia (IOF). Bersama dengan beberapa anggota IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan kepolisian, mereka membantu evakuasi mobil-mobil yang terendam di area banjir.

"Kebetulan evakuasi ini dari dua tim ya, dari IMI Rescue dan IOF Rescue. Sementara Ini juga ada dari Brimob, di perahu karet ada Brimob ini evakuas untuk orang yang di dalamnya," ujar anggota IOF Rescue, Firman Alfa di Kemang, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: Banjir Jakarta, Jalan Kemang Raya dan Pejaten Barat Terendam

1. Sudah ada empat mobil yang dievakuasi

Mobil Offroad Bantu Evakuasi Mobil yang Terjebak Banjir di KemangBanjir di Kemang, Jakarta Selatan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Firman mengungkapkan sampai Sabtu (20/2/2021) siang, sudah ada empat mobil yang dievakuasi oleh tim IOF. Evakuasi sendiri sudah berlangsung sejak pagi. Menurutnya, masih banyak mobil yang harus dievakuasi.

"Sampai jam 1.14, sudah empat mobil (dievakuasi). Tadi ada beberapa mobil kayak Innova, Avanza dan tadi ada satu lagi Camry. Ini yang ditarik baru di pinggir-pinggirnya saja, belum yang dalam-dalamnya lagi," ungkap Firman.

2. Evakuasi diperkirakan berlangsung sampai besok

Mobil Offroad Bantu Evakuasi Mobil yang Terjebak Banjir di KemangBanjir di Kemang, Jakarta Selatan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Firman mengungkapkan bahwa evakuasi ini melibatkan sembilan mobil. Evakuasi diperkirakan berjalan sampai besok, tergantung situasi dan kondisi cuaca.

"Pasti (evakuasi) sampai besok. Ini bukannya tambah surut malah tambah naik airnya," ujar Firman.

Baca Juga: Banjir Ciledug Indah, Ratusan Warga Terjebak Banjir di Rumah

3. Kejadian banjir di Kemang bukan kali pertama

Mobil Offroad Bantu Evakuasi Mobil yang Terjebak Banjir di KemangBanjir di Kemang, Jakarta Selatan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kejadian banjir di wilayah Kemang Raya ini memang bukan kali pertama. Setiap tahun, banjir memang selalu melanda wilayah ini dan hal itu diamini oleh Firman.

"Ini sebetulnya kejadian (banjir) sudah berulang kali dan selalu banjirnya di sini. Jadi udah bertahun-tahun ya gitu aja. Pokoknya tiap tahun di bulan yang sama pasti kejadian di sini," ungkap Firman.

4. Banjir sergap wilayah Jabodetabek

Mobil Offroad Bantu Evakuasi Mobil yang Terjebak Banjir di KemangBanjir di Simatupang, Jakarta Selatan (IDN Times/Sandy Firdaus)

Akibat hujan deras yang turun pada Jumat (19/2/2021) sampai Sabtu (20/2/2021) dini hari, banjir melanda beberapa wilayah di Jabodetabek.

Wilayah-wilayah seperti Ciledug, TB Simatupang, Kemang, dan beberapa wilayah lain di Jakarta terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi. Hingga Sabtu (20/2/2021) siang, banjir masih belum surut.

Baca Juga: Warganet Bagikan Potret Jakarta Banjir Hari Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya