Nama dan Jenis Kelamin Aprilia Manganang Segera Diubah

Manganang dipastikan berjenis kelamin pria

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyebut, Serda Aprilia Manganang akan mengalami perubahan identitas, di antaranya perubahan nama dan jenis kelamin.

Perubahan nama ini sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan. Manganang juga akan mengubah status jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki.

"Dari nama sebelumnya, kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orang tuanya. Dengan harapan, setelah ini Sersan Manganang bisa jadi seseorang yang memang ditakdirkan untuknya," ujar Andika dalam jumpa pers di Mabes TNI AD, Selasa (9/3/2021), seperti dilansir ANTARA.

 

Baca Juga: Aprilia Manganang Sudah Dipanggil Abang di Instagram

1. TNI AD sudah siapkan dokumen untuk bantu Manganang

Nama dan Jenis Kelamin Aprilia Manganang Segera DiubahANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Andika juga mengungkapkan, TNI AD sudah menyiapkan seluruh dokumen untuk membantu Manganang dalam proses perubahan nama dan jenis kelamin ini. Ia juga berharap, Pengadilan Negeri Tondano akan menetapkan perubahan nama untuk Manganang.

"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen untuk membantu Sersan Manganang mendapatkan apa yang diinginkan," ujar Andika.

2. Sersan Manganang dipastikan berstatus pria

Nama dan Jenis Kelamin Aprilia Manganang Segera Diubahinstagram.com/manganang92

Andika menyebut, dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan pihak TNI AD di RSPAD pada 3 Februari, tampak bahwa Manganang memang lebih memiliki organ kelamin jenis pria dibandingkan wanita. Ia pun memastikan bahwa Manganang memang seorang pria.

"Kemudian pemeriksaan hormonalnya pun begitu, hormonal yang normal, hormon testosteronnya diukur, sehingga secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini bahwa sersan manganang lebih memiliki hormonal yang masuk dalam kategori normal, laki-laki," ujar Andika.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ini, TNI AD pun menawarkan kepada Manganang untuk melakukan operasi correction surgery. Bantuan ini disambut dengan baik oleh Manganang, dan Andika menyebut, Manganang mengaku senang akan bantuan ini.

"Sersan Manganang rupanya menyambut dengan sangat, excited karena rupanya inilah yang dia tunggu-tunggu, sehingga saya hadirkan tim dari RSPAD lengkap, kemudian kita lakukan pemeriksaan secara lengkap di RSPAD dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan yang kami punya," ujar Andika.

3. Manganang adalah mantan atlet voli putri Indonesia

Nama dan Jenis Kelamin Aprilia Manganang Segera DiubahInstagram.com/manganang

Pada September 2020 lalu, Aprilia Manganang mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari dunia bola voli. Kabar itu diumumkan lewat akun Instagramnya, @manganang92, kepada para pecinta bola voli di Indonesia.

"Mengapa saya mengambil keputusan ini, karena saya ingin hidup lebih baik, ingin meraih kebenaran dalam hati saya, kedamaian. Karena itu, ini keputusan terbaik bagi saya," ujar Manganang.

Pada 2016, Manganang sudah direkrut sebagai anggota TNI AD lewat rekrutmen khusus bintara yang berprestasi. Saat itu, Manganang dinyatakan lolos sebagai wanita dan sampai menjadi anggota Korps Wanita Angkatan Darat karena pemeriksaan yang dilakukan pihak TNI belum selengkap ketika 3 Februari lalu.

Baca Juga: Gender Aprilia Manganang Sempat Diprotes di SEA Games 2015

Topik:

  • Sunariyah
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya