Pemprov DKI Jakarta Gelar Rangkaian Acara Imlek 2021 Secara Virtual 

Acara Imlek bisa dilihat di kanal YouTube Pemprov DKI

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah komunitas menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2572. Namun, mengingat adanya pandemik COVID-19, perayaan Imlek tahun ini dirayakan secara virtual.

“Kota Jakarta adalah rumah bagi beragam suku dan latar belakang agama dan budaya, yang menjunjung tinggi nilai toleransi dan keberagaman. Sehingga, perayaan ini dapat menjadi momentum bagi warga Jakarta untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan dan kepedulian terhadap sesama dalam menghadapi pandemik COVID-19," ungkap Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Zein, pada Kamis (11/2).

1. Rangkaian acara Imlek dimulai 11 Februari

Pemprov DKI Jakarta Gelar Rangkaian Acara Imlek 2021 Secara Virtual Tokopedia

Baca Juga: ASN Dilarang Bepergian Saat Libur Imlek, Bisa Kena Sanksi!

Lebih lanjut, Zein memaparkan, rangkaian acara Imlek di Jakarta tahun ini berlangsung pada tanggal 11 hingga 26 Februari 2021. Rangkaian acara meliputi kampanye edukasi masyarakat tentang keberagaman di Jakarta melalui media sosial, konten berseri mengenai tradisi Imlek hingga sejarah Imlek masuk ke Jakarta.

Selain itu, ada juga konten foto esai yang menampilkan figur-figur yang erat dengan Imlek, penayangan video Imlek pada videotron/LED di Jakarta, tayangan sembahyang Imlek, dan pertunjukan live barongsai.

2. Di mana rangkaian acara Imlek bisa disaksikan?

Pemprov DKI Jakarta Gelar Rangkaian Acara Imlek 2021 Secara Virtual Ilustrasi Barongsai (IDN Times/Aji)

Masyarakat dapat menyaksikan seluruh rangkaian perayaan Jakarta Imlekan 2021 melalui sejumlah kanal. Mulai dari kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta), Plus Jakarta (@plusjakarta), dan Jakarta Experience Board (@jxboard).

Adapun, jadwal penayangan sejumlah acara pada kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta sebagai berikut:

  • Puncak Acara Jakarta Imlekan 2021 akan ditayangkan pada Kamis (11/2/2021) pukul 19.00 WIB.
  • Perayaan Imlek dengan Matakin akan ditayangkan pada Minggu (14/2/2021) pukul 10.00 WIB.
  • Perayaan Cap Go Meh hingga live barongsai akan ditayangkan pada Jumat (26/2/2021) pukul 19.00 WIB.

3. Jakarta Imlekan 2021 melibatkan banyak pihak

Pemprov DKI Jakarta Gelar Rangkaian Acara Imlek 2021 Secara Virtual ANTARA Foto/Risky Andrianto

Jakarta Imlekan 2021 ini terselenggara atas kolaborasi lintas organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, BUMD, lembaga keagamaan etnis Tionghoa di Jakarta, serta sejumlah komunitas dan masyarakat Jakarta.

Seluruh proses produksi rangkaian acara Jakarta Imlekan 2021 dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut untuk memastikan semua pihak yang terlibat tetap dalam kondisi yang aman.

Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta bersama Pengurus Matakin DKI Jakarta turut mengajak umat Khonghucu agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam beribadah dan merayakan Imlek, dengan dilaksanakan secara sederhana dan tetap melaksanakan sembahyang Chu Xi dari rumah.

Baca Juga: Perayaan Imlek yang Sepi Tanpa Barongsai dan Arak-arakan

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya