Polisi: Protokol Kesehatan Terjaga Saat May Day 2021 di Monas

Sempat terjadi insiden pengamanan mahasiswa

Jakarta, IDN Times - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengungkapkan aksi buruh di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, secara keseluruhan berjalan lancar dan tertib. Aksi ini memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh setiap 1 Mei.

Secara umum, ia juga mengapresiasi para peserta yang mematuhi protokol kesehatan selama berjalannya aksi. Tentunya, dengan kawalan dari tim kepolisian yang menggunakan APD.

"Meski ada sedikit insiden, tetapi secara umum, unjuk rasa ini berjalan lancar, tertib, dan kita lihat bersama tadi jumlahnya masih bisa kita batasi. Sehingga protokol kesehatan tetap terjaga," ujar Sambodo kepada wartawan, Sabtu (1/5/2021).

1. Peserta yang diamankan mengganggu ketertiban

Polisi: Protokol Kesehatan Terjaga Saat May Day 2021 di MonasMassa mahasiswa ricuh dengan polisi saat demo buruh pada Sabtu (1/5/2021). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terkait adanya beberapa peserta aksi yang diamankan, Sambodo mengungkapkan bahwa itu buntut dari ketidaktertiban yang dilakukan. Sebab, peserta aksi secara keseluruhan melakukan aksinya secara tertib.

"Mungkin karena mereka (yang diamankan) tidak tertib dan mengganggu jalannya unjuk rasa yang dilakukan oleh elemen-elemen lainnya, yang sebagian besar justru berjalan tertib," ujar Sambodo.

Baca Juga: Polisi Berpakaian APD Amankan Aksi May Day di Kawasan Monas

2. Lalu lintas di Patung Kuda sudah normal

Polisi: Protokol Kesehatan Terjaga Saat May Day 2021 di MonasPotret aksi buruh di kawasan Monas, Sabtu (1/5/2021). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Sambodo mengungkapkan arus lalu lintas di sekitar Monas sudah dinormalkan, termasuk di area Patung Kuda. Penormalan arus lalu lintas dilakukan per pukul 17.30 WIB.

"Semua ruas jalan sudah kita normalkan, kecuali di seputaran Patung Kuda ini, nanti kita menunggu security barrier dibuka nanti kita lancarkan kembali. Ya, sekitar pukul 17.30," ujarnya.

3. Total 50.000 buruh ikut aksi MayDay 2021

Polisi: Protokol Kesehatan Terjaga Saat May Day 2021 di MonasAksi buruh di depan Patung Kuda, Monas. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demonstrasi secara serentak di berbagai kota.

Presiden KSPI Said Iqbal menjelaskan, demonstrasi tersebut melibatkan 50 ribu buruh yang tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota, dan 3.000 pabrik. Ia mengatakan, kegiatan itu akan mengikuti standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca Juga: Ribuan Buruh Padati Area Monas, Ikut Tes Swab Antigen

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya