Profil Kombes Yulius Bambang Karyanto, Diciduk Saat Asyik Nyabu 2 Hari

Banyak berkecimpung di Ditpolair Polda

Jakarta, IDN Times - Anggota Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto, ketahuan mengonsumsi sabu bersama seorang perempuan. Hal ini dia lakukan di salah satu hotel di Jakarta Utara, Jumat (6/1/2023).

"Ada laporan dari masyarakat, dia di situ juga dari tanggal 5 (Januari), sudah dua hari,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa.

Yulius sendiri sejatinya sudah lama menjagi anggota Polri. Berikut profil dari Yulius.

1. Banyak berkecimpung di Ditpolair

Profil Kombes Yulius Bambang Karyanto, Diciduk Saat Asyik Nyabu 2 HariIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Yulius lahir pada 3 Juli 1966. Dia merupakan perwira menengah (pamen) Polri, lulusan Sumber Sarjana Polri. Yulius sendiri sejatinya banyak berkecimpung di Direktorat Polisi Air (Ditpolair) di beberapa Polda.

Total, ada tiga jabatan Dirpolair yang pernah Yulius emban, yaitu Dirpolair Polda Kalimantan Selatan (2009), Dirpolair Polda Jambi (2013), dan Dirpilair Polda Papua (2016). Pada 2019, dia baru mengemban tugas di Polri.

Per 2019, Yulius tercatat sebagai Kasubdit Fasharkan Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Posisi ini dia emban sampai sekarang.

Baca Juga: Kombes Yulius Bambang Karyanto Nyabu 2 Hari Bersama Perempuan di Hotel

2. Perempuan yang diciduk bukan istri Kombes Yulius

Profil Kombes Yulius Bambang Karyanto, Diciduk Saat Asyik Nyabu 2 HariIlustrasi sabu-sabu. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mukti memastikan, seorang perempuan berinisial R yang ikut dibekuk bersama Kombes Yulius, bukan istrinya. Keduanya telah dicek urine dan positif memakai sabu.

“Itu temannya saja, (keduanya) iya pakai (narkoba),” ujar Mukti.

Kini, keduanya telah dibawa ke Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan. Dari mereka, Polda Metro mendapati dua barang bukti sabu seberat 0,11 gram.

“Barang buktinya 0,5 sama 0,6. Jadi ada dua bukti,” ujar Mukti.

3. Polri bakal copot Kombes Yulius lewat proses etik Propam

Profil Kombes Yulius Bambang Karyanto, Diciduk Saat Asyik Nyabu 2 HariKepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, Mabes Polri lewat Propam bakal menggelar sidang etik terhadap Kombes Yulius. Ia memastikan, Polri tidak memberikan toleransi bagi anggota yang terlibat narkoba.

“Sudah jelas, perintah Pak Kapolri yang lalu tindak tegas siapapun yang terbukti terlibat kasus penyalahgunaan narkoba, zero tolerance, proses pidana, dan copot. Nanti pidananya proses tuntas PMJ dan kode etik Propam yang tuntaskan,” ujar Dedi.

Baca Juga: Nyabu di Hotel Bareng Perempuan, Kombes Yulius Bambang Dibekuk

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya