Comscore Tracker

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Jakpro Akan Bangun Teater Halaman

Teater Halaman ini masuk dalam rencana revitalisasi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui salah satu BUMD-nya, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro, berencana melakukan proyek revitalisasi tahap II Taman Ismail Marzuki (TIM). Dalam proyek revitalisasi kali ini, Jakpro akan membangun Teater Halaman.

"Desain Teater Halaman ini rencananya akan berbentuk setengah lingkaran dengan tempat duduk yang nyaman, sehingga penonton akan merasakan kenikmatan dan pengalaman yang berbeda ketika menyaksikan pertunjukan seni budaya. Kemudian, di sekitar Teater Halaman ini direncanakan juga akan ada kolam resapan dan pepohonan yang rindang," ungkap Jakpro dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Revitalisasi TIM Tahap II, Perpustakaan Umum DKI Jakarta Direlokasi 

1. Pembangunan Teater Halaman berbarengan dengan pembangunan fasilitas lain

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Jakpro Akan Bangun Teater HalamanRevitalisasi Taman Ismail Marzuki (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam keterangan resminya juga, Jakpro menyebut pembangunan Teater Halaman ini nantinya akan bersamaan dengan pembangunan Planetarium dan Gedung Graha Bhakti Budaya. Semua pembangunan ini akan masuk dalam rencana revitalisasi tahap II Taman Ismail Marzuki.

"Rencananya pengerjaan proyek revitalisasi Tahap II akan dimulai tahun ini," ujar Jakpro.

2. Proses revitalisasi tahap I sudah mencapai 61,175 persen

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Jakpro Akan Bangun Teater HalamanRevitalisasi Taman Ismail Marzuki (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakpro mengungkapkan, progres pembangunan revitalisasi tahap I sudah mencapai 61,175 persen hingga minggu ke-80. Dalam revitalisasi tahap I ini, terdapat beberapa area yang sudah selesai dikerjakan, seperti Gedung Parkir Taman dan Masjid Amir Hamzah.

"Progres pembangunan Gedung Perpustakaan & Wisma Seni mencapai 45,07 persen. Area Gedung Parkir Taman yang sudah rampung 100%. Sebelumnya, Masjid Amir Hamzah juga sudah selesai direvitalisasi dan telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Juli tahun lalu. Dengan begitu, revitalisasi tahap I telah merampungkan dua area bagiannya," ungkap Jakpro.

Baca Juga: Keberadaan Sang Maestro di Balik Sejarah Taman Ismail Marzuki

3. TIM direncanakan jadi ekosistem dan pusat kebudayaan dunia

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Jakpro Akan Bangun Teater HalamanRevitalisasi Taman Ismail Marzuki (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Lebih jauh, Jakpro mengungkapkan TIM nantinya akan dipersiapkan untuk menjadi ekosistem dan pusat kebudayaan dunia. Oleh karena itu, pembenahan infrastruktur menjadi fokus Jakpro dan Pemprov DKI saat ini, sehingga kelak TIM dapat memiliki sarana dan prasarana bertaraf internasional.

“TIM melalui wajah barunya akan menjadi ruang kolaborasi bagi pelaku seni di Jakarta maupun pelaku seni nasional untuk menghadirkan karya terbaik yang dapat diakui di panggung dunia,” ujar Corporate Manager Communication PT Jakpro, Melisa Sjah.

Baca Juga: Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Butuh Anggaran Rp1,8 Triliun

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya