Comscore Tracker

Ribuan Buruh Padati Area Monas, Ikut Tes Swab Antigen

Mereka berkumpul di kawasan Monas, tapi tak timbulkan macet

Jakarta, IDN Times - Ribuan buruh beserta perwakilan mahasiswa dari berbagai daerah di Jabodetabek berkumpul di depan Patung Kuda, Monas, dalam rangka aksi Hari Buruh Indonesia, Sabtu (1/6/2021).

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyebut ada sekitar 300 buruh yang ikut aksi di Jabodetabek ini. Mereka semua sudah melalui proses swab antigen, sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

"Semuanya sudah melalui proses swab antigen," ujar Said di Monas, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: 50 Ribu Buruh Akan Demo Besar-besaran Depan Istana dan MK Hari Ini

1. Pihak kepolisan mengawasi aksi

Ribuan Buruh Padati Area Monas, Ikut Tes Swab AntigenAksi buruh di depan Patung Kuda, Monas. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di wilayah Patung Kuda, tampak beberapa anggota polisi yang berjaga dan melakukan pengamanan. Mereka tak henti-henti menyuarakan agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan.

Diperkirakan, ada ratusan anggota polisi yang mengamankan aksi ini. Mereka terdiri dari gabungan anggota Polres Metro Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya.

2. Lalu lintas sekitar Monas lancar

Ribuan Buruh Padati Area Monas, Ikut Tes Swab AntigenAksi buruh di depan Patung Kuda, Monas. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kendati terjadi aksi buruh, lalu lintas di sekitar Monas tetap lancar. Tidak ada kemacetan yang terjadi dan pihak polisi tak melakukan penyekatan jalan.

Demo berlangsung damai, dan tidak ada keributan berlebih. Demo dihiasi orasi-orasi dan aksi teatrikal yang dipertontonkan sejumlah demonstran.

3. Total 50.000 buruh ikut aksi May Day 2021

Ribuan Buruh Padati Area Monas, Ikut Tes Swab AntigenAksi buruh di depan Patung Kuda, Monas. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar demonstrasi pada hari ini, Sabtu (1/5/2021).

Said Iqbal menjelaskan, demonstrasi tersebut melibatkan 50 ribu buruh yang tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota, dan di 3.000 pabrik. Dia mengatakan, kegiatan itu akan mengikuti standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca Juga: 3 Alasan Isu Pengupahan Selalu Jadi Tuntutan Buruh saat May Day 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya