Rizieq Shihab Soal Keluar Lewat Pintu Belakang: Takut Ada Kerumunan 

Rizieq diminta membeberkan hasil swab test-nya

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal HRS Center, Haikal Hassan Baras, menyebut alasan kenapa Rizieq Shihab keluar lewat pintu belakang RS Ummi di Bogor, Sabtu (28/11/2020). Ia menyebut bahwa Rizieq mencoba untuk menghindari kerumunan.

"Di RS UMMI Bogor itu beliau general check-up. Beliau keluar lewat pintu belakang karena takut terjadi kerumunan. Ini malah dibilang kabur,” ujar Haikal dalam program acara Mata Najwa, Rabu (2/12/2020).

1. Rizieq sempat dirawat di RS Ummi

Rizieq Shihab Soal Keluar Lewat Pintu Belakang: Takut Ada Kerumunan Gedung Rumah Sakit UMMI Bogor, Jawa Barat (Dok. Rumah Sakit UMMI Bogor)

Direktur Utama Rumah Sakit Ummi Bogor, Andi Taat mengungkapkan, Rizieq Shihab dan keluarganya memang pasien lama di rumah sakit tersebut. Tak heran jika Rizieq mempercayakan perawatan kesehatannya di rumah sakit tersebut.

"Beliau memang pasien kami jadi kami mempunyai catatan medisnya," ujar Andi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Bima Arya, Minggu (29/11/2020).

2. Rizieq sempat jalani tes usap bersama MER-C

Rizieq Shihab Soal Keluar Lewat Pintu Belakang: Takut Ada Kerumunan Kantor Pusat Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Jakarta. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Sarbini Abdul Murad menjelaskan, pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tak begejala COVID-19, hanya saja mengalami kelelahan usai dakwah di Megamendung, Bogor pada Jumat, 13 November 2020 lalu.

Sesampainya di kediaman Petamburan, Jakarta Pusat, Rizieq meminta MER-C untuk datang memeriksa kesehatannya. MER-C juga melakukan tes usap kepada pria lulusan pascasarjana Universitas Malaya, Malaysia itu.

“Setelah itu kita sarankan untuk melakukan isolasi. Dia itu lelah, kecapekan, berisiko 50 tahun,” kata Sarbini kepada IDN Times, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: Polisi Layangkan Panggilan Kedua untuk Rizieq Shihab, Ini Kata FPI

3. Rizieq diminta jujur soal hasil tes usap

Rizieq Shihab Soal Keluar Lewat Pintu Belakang: Takut Ada Kerumunan Dok.IDN Times/Istimewa

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rahmad Handoyo berharap Rizieq Shihab terbuka soal kondisi kesehatannya usai menjalani tes swab COVID-19.

Masyarakat masih berspekulasi soal hasil tes pendiri Front Pembela Islam (FPI) itu. Menurut Rahmad, kejujuran Rizieq bisa melindungi banyak orang, sebab belum lama ini dia menggelar acara yang menimbulkan kerumunan orang.

"Demi keselamatan pasien dan orang-orang di sekitar yang pernah berinteraksi, perlu dilindungi keselamatan untuk berhati-hati dan waspada," kata Rahmad seperti dikutip dari Antara, Senin (30/11/2020).

4. Polisi layangkan panggilan kedua untuk Rizieq

Rizieq Shihab Soal Keluar Lewat Pintu Belakang: Takut Ada Kerumunan Pimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Penyidik Polda Metro Jaya menjadwalkan pemanggilan kedua Rizieq dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan. Menantu Rizieq, Hanif Alatas, juga turut dipanggil. Rizieq dan menantunya sebelumnya dipanggil pada Selasa, 1 Desember 2020 pukul 10.00 WIB. Namun tidak datang.

"Kami jadwalkan Senin (7 Desember 2020)," kata Kepala Bidang Hubugan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Markas Polda Metro Jaya, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Polda Jabar Tetap Proses Rizieq Shihab Meski Sudah Minta Maaf

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya