RW di Jakarta Selatan, Tolong Jaga Kebersihan dan Keamanan!

Jakarta Selatan akan jadi venue penting gelaran KTT ASEAN

Jakarta, IDN Times - Penjabat Gubernur (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengimbau seluruh RT/RW, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa agar menjaga keamanan, kebersihan, serta melayani masyarakat dengan baik, terkhusus bagi yang ada di Jakarta Selatan.

"Masalah keamanan, menyangkut kriminalitas, saya titip wilayah kepada RW, Lurah, dan Camat khususnya, dengan pendampingan Babinsa dan Bhabinkantibmas," ujar Heru di Jakarta, Minggu (5/1/2023).

Baca Juga: Ojol Demo Tolak Jalan Berbayar, Begini Respons PJ Gubernur Heru Budi

1. Akan banyak ajang penting di Jakarta

RW di Jakarta Selatan, Tolong Jaga Kebersihan dan Keamanan!Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat meninjau pengerjaan Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (24/10/2022). (IDN Times/Deti Mega Purnamasari)

Heru melanjutkan, pada 2023 ini, akan ada beberapa kegiatan di Jakarta. Terdekat, ada ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang dimulai sejak Febuari. Khusus Jakarta Selatan, wilayah ini akan jadi tempat menginap para delegasi.

"Jakarta Selatan akan jadi tempat menginap para delegasi. Saya titip kepada RW, sampaikan kepada RT dan warga, jaga kebersihan dan keamanan supaya Jakarta yang mewakili Indonesia bisa tetap eksis di negara-negara maju," ujar Heru.

Baca Juga: Heboh Dugaan Korupsi Bansos DKI Jakarta, Heru Budi Pilih No Comment 

2. Heru apresiasi capaian indeks potensi kerawanan di Jakarta Selatan

RW di Jakarta Selatan, Tolong Jaga Kebersihan dan Keamanan!Kawasan Jalan Layang Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Instagram.com/dkijakarta)

Heru juga mengapresiasi capaian indeks potensi kerawanan sosial di Jakarta Selatan. Salah satunya Kelurahan Ciganjur yang memiliki indeks kerawanan paling rendah. Padahal, Jakarta Selatan adalah wilayah Jakarta dengan penduduk terbanyak.

"Artinya, tawuran dan kriminalitasnya rendah. Tentunya supaya diikuti daerah lainnya. Harapan kami Kapolda, Pangdam, dan jajaran Pemda DKI Jakarta, indeksnya (potensi kerawanan) bisa turun terus. Maka dari itu, Pak RW saya titip wilayah," kata Heru.

Baca Juga: Heru Budi Kaget Dengar Harga Kol di Pasar Kramat Jati

3. Peran RW dalam menjaga keamanan Jakarta Selatan

RW di Jakarta Selatan, Tolong Jaga Kebersihan dan Keamanan!Foto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, menuturkan, para Ketua RW sangat penting peranannya. Sikap guyub antar-RW, kata dia, dapat meringankan masyarakat dalam melewati berbagai masalah yang ditemui.

"Jika Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, diibaratkan seorang manusia, RW menjadi bagian tubuhnya. Karena itu Bapak Ibu lah yang bisa merasakan dan melihat langsung apa yang terjadi serta (mewujudkan) harapan warga," kata Fadil.

Baca Juga: 5 Fakta Bripka Madih Ngamuk Diduga Diperas Penyidik Polda Metro Jaya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya