Sulit Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022? Coba Pakai Cara Ini

Hasil UTBK-SBMPTN 2022 sudah bisa diakses

Jakarta, IDN Times - Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2022 sudah dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB. Namun, rupanya ada kendala yang terjadi.

Dalam kolom komentar di akun Instagram @ltmptofficial, banyak peserta yang mengeluhkan kesulitan mengakses hasil UTBK-SBMTPN 2022. Rata-rata, mereka terkendala saat akan masuk laman resmi LTMPT.

Akan tetapi, kooperasi tercipta di sini. Masih dalam kolom komentar akun Instagram @ltmptofficial, beberapa peserta membagikan solusi dan cara agar bisa masuk laman resmi LTMPT tanpa masalah. Seperti apa solusi yang mereka tawarkan?

Baca Juga: Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTN

1. Akses situs di jam-jam dini hari

Sulit Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022? Coba Pakai Cara IniIlustasi pelaksanaan UTBK di salah satu Perguruan Tinggi Indonesia (Ubb.ac.id)

Salah satu warganet yang juga merupakan calon mahasiswa, @soundmutee, berujar bahwa agar situs LTMPT bisa diakses, ada baiknya membuka situs tersebut pada dini hari. Dia bisa mengakses situs LTMPT di jam-jam tersebut.

"Coba nanti nyoba bukanya di jam jam 12 atau jam 1 pagi soalnya tadi aku nyoba jam segitu aman banget soalnya," cuit akun tersebut.

Hal yang sama juga diutarakan akun @mhmmdammarr_. Menurutnya, di jam-jam tersebut, orang-orang sedang beristirahat sehingga situs LTMPT bisa dibuka dengan mudah.

"Kalo mau buka tunggu pada tidur, aku kemarin setengah satu bisa lancar," cuit akun tersebut.

Baca Juga: Gagal SBMPTN? Tenang, Tukarkan Skormu ke Sini

2. Cara-cara lain yang bisa ditempuh

Sulit Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022? Coba Pakai Cara IniSeleksi masuk SBMPTN

Selain membuka situs di jam-jam dini hari, beberapa peserta lain juga menyarankan agar menggunakan paket data ketimbang WiFi. Ada juga yang menyarankan agar membuka situs menggunakan laptop agar lebih mudah melakukan refresh.

"Pakai laptop lancar kok," cuit akun @pengagumpetrichor.

"Pakai laptop aja kak kalo ada, refreshnya jadi agak gampang menurutku," cuit akun @rakha_yattaqi.

"Coba jangan pakai WiFi, coba pakai paket data," cuit @edie_hite.

Baca Juga: Cek Nama yang Lolos SBMPTN 2022 di 30 Laman Mirror Ini

3. Cara melihat skor UTBK-SBMPTN 2022

Sulit Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022? Coba Pakai Cara IniPetugas melakukan pengecekan peserta saat pelaksanaan UTBK seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di UPN Veteran Jakarta, Pondok Labu, Jakarta, Selasa (17/5/2022). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk melihat skor UTBK-SBMPTN 2022. Berikut adalah cara-caranya:

- Buka laman http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ atau link mirror yang telah disediakan masing-masing PTN
- Masukkan nomor peserta pada kolom laman web tersebut
- Masukkan tanggal lahir dan klik 'Hasil'
- Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2022 akan ditampilkan melalui laman web. Peserta yang lolos akan mendapatkan ucapan selamat dan informasi kampus serta program studi yang telah menerima peserta sebagai calon mahasiswa
- Unduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 dengan klik unduh sertifikat. Proses pengunduhan bisa dilakukan mulai 25 Juni hingga 31 Juli 2022 mendatang

Pastikan peserta memasukkan nomor dan tanggal lahir yang tepat, sehingga hasil UTBK-SBMPTN 2022 yang keluar pun akurat. Bagi yang tidak lolos jalur ini, masih ada jalur mandiri di perguruan tinggi tujuan yang bisa ditempuh.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya