Tim Gowes Presisi Khatulistiwa Pecahkan Rekor MURI

Sukses menempuh jarak 508 km kurang dari 24 jam

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 64 peserta Tim Gowes Presisi Khatulistiwa menorehkan nama mereka di Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah bersepeda dari Mabes Polri di Jakarta hingga Akpol di Semarang dengan jarak tempuh 508 km kurang dari 24 jam.

Rombongan peserta Gowes tersebut terdiri dari dua tim, yaitu tim Arjuna dan tim Garuda. Kedua tim tersebut beranggotakan gabungan dari TNI dan Polri, sejumlah atlet, serta anggota komunitas sepeda.

1. Tiba di Semarang pada Minggu pagi

Tim Gowes Presisi Khatulistiwa Pecahkan Rekor MURITim Gowes Presisi Khatulistiwa. (Dok. Humas Polri)

Rombongan sendiri tiba di Semarang, tepatnya di Gerbang Tanggon Kosala Akpol, pada Minggu (26/6/2022) pagi pukul 05.15 WIB. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Akpol Irjen Pol Drs. Suroto, M.Si.

Kadiv TIK Mabes Polri Irjen Pol Slamet Uliandi, SIK mengungkapkan, selain menyambut Hari Bhayangkara ke-76, tujuan dari Gowes Presisi Khatulistiwa ini juga untul menyaring bibit-bibit muda atlet sepeda, yang nantinya diharapkan bisa turun di event internasional.

"Upaya pemecahan rekor MURI juga bagian dari peningkatan ekonomi dan investasi di Indonesia, sepanjang jalur yang dilalui terus kami gelorakan dan juga melakukan baksos hingga menempuh jarak 508 km," ungkap Slamet dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

2. Kendala yang harus dilalui tim Gowes Presisi Khatulistiwa

Tim Gowes Presisi Khatulistiwa Pecahkan Rekor MURITim Gowes Presisi Khatulistiwa. (Dok. Humas Polri)

Slamet juga menuturkan, upaya pemecahan rekor MURI oleh tim Gowes Presisi Khatulistiwa ini tidaklah mudah. Ada beberapa rintangan yang harus mereka hadapi, tak terkecuali medan yang berat.

"Medannya nggak gampang, 508 km ditempuh dengan target waktu dibawah 24 jam. Kami berangkat dari Mabes Polri setengah 6 pagi Sabtu kemarin, alhamdulillah Minggu pagi jam 05.15 WIB sudah sampai di Akpol," ujar Slamet.

Ungkapan senada juga disampaikan Karolog Polda Jateng Kombes Pol Farid Bachtiar Effendi. Dia berujar, tantangan terberat dialami saat tim melintas di rute Batang sampai Alas Roban. Rombongan tim sempat dihadang hujan deras sehingga sempat berteduh di Pos Lantas Alas Roban.

"Tantang terberat saat melintas Alas Roban, sempat hujan deras hingga berteduh sementara di Pos Lantas Alas Roban. Namun alhamdulillah bisa segera melanjutkan perjalanan dan target waktu dibawah 24 jam bisa tercapai," ujar Farid.

3. MURI menyerahkan piagam penghargaan di Akpol

Tim Gowes Presisi Khatulistiwa Pecahkan Rekor MURITim Gowes Presisi Khatulistiwa. (Dok. Humas Polri)

Piagam penghargaan MURI kepada tim Gowes Presisi Khatulistiwa pun sudah diserahkan di Gedung Akpol, Semarang. Penyerahan ini dilakukan oleh salah satu perwakilan pihak MURI.

"Kami akan bacakan dulu dan kami sampaikan disini bahwa kegiatan bersepeda beregu menempuh jarak terjauh dalam kurun waktu satu hari ini, tidak hanya kita catat sebagai rekor nasional namun oleh Ketua Umum MURI dikukuhkan sebagai rekor dunia," kata salah satu perwakilan pihak MURI.

Adapun, isi dari piagam penghargaan itu berbunyi seperti ini:

Piagam penghargaan museum rekor Dunia-Indonesia nomor 10.392/RIT MURI/VI/2022 dianugerahkan dengan bangga kepada Presisi Khatulistiwa atas rekor bersepeda beregu menempuh jarak terjauh dalam kurun waktu satu hari.

Jakarta, 26 Juni 2022
Tanda tangan,
Ketum MURI Dr. Jaya Suprana

Dengan bangga kami anugerahkan piagam penghargaan ini. Semoga membawa manfaat bagi kita semua

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kacamata Sepeda Terbaik, Aman saat Gowes

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya