Comscore Tracker

Total 36 Gempa Susulan Terjadi di Nias Barat hingga Sabtu Pagi

Gempa di Nias Barat terjadi di luar zona subduksi, waspada!

Jakarta, IDN Times - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan, mendeteksi adanya 36 gempa susulan di Nias Barat, setelah gempa utama dengan magnitudo 6,7 terjadi pada Jumat (14/5/2021). Gempa ini terdeteksi hingga Sabtu (15/5/2021) pukul 07.36 WIB.

"Diimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto, dilansir dari ANTARA, Sabtu (15/5/2021).

1. Gempa Nias terjadi di luar zona subduksi

Total 36 Gempa Susulan Terjadi di Nias Barat hingga Sabtu PagiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Peneliti di Pusat Gempar Regional I, Marzuki Sinambela, mengatakan gempa di Nias Barat ini terjadi di luar zona subduksi. Ia juga menyebut diperlukan kewaspadaan mengingat gempa di luar zona subduksi ini rutin terjadi dalam tiga bulan terakhir.

"Diperlukan kewaspadaan untuk gempa bumi yang terjadi di zona outer-rise ini, mengingat gempa yang terjadi di outer-rise ini dalam tiga bulan terakhir cukup aktif dan sudah tiga kali dirasakan signifikan di beberapa wilayah di sekitar pantai barat Sumatra," ujarnya.

Gempa di Nias Barat ini sendiri getarannya terasa di beberapa daerah di Sumatra bagian utara dan barat. Daerah-daerah tersebut adalah, Gunungsitoli, Aekgodang, Sabang, Tarutung, Doloksanggul, Tele, dan Samosir.

Baca Juga: Gempa di Nias Termasuk Zona-Outer Rise, Ini Ancaman Bahayanya

2. Belum ada laporan kerusakan mengenai gempa di Nias Barat

Total 36 Gempa Susulan Terjadi di Nias Barat hingga Sabtu PagiIlustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nias Barat Filipo Daeli mengatakan, sampai saat ini dari data yang dikumpulkan, pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

Kendati begitu, pihaknya terus berupaya mencari dan menghimpun data yang lebih detail di lapangan, kemungkinan adanya kerusakan terhadap bangunan maupun fasilitas lain dan korban jiwa.

"Sampai saat ini belum ada laporan adanya kerusakan dampak dari gempa itu. Mungkin karena pusat gempanya jauh. Nanti kami informasikan lebih lanjut perkembangannya," kata dia.

3. Gempa berskala 6,7 guncang Nias Barat pada Jumat (14/5/2021)

Total 36 Gempa Susulan Terjadi di Nias Barat hingga Sabtu PagiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Akan tetapi, gempa ini sempat membuat masyarakat panik. Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nias Barat Hiramo mengatakan, guncangan gempa bumi sempat membuat masyarakat berhamburan ke luar rumah.

"Masyarakat panik dan ke luar rumah,” kata Hiramo.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 7,2 di Nias Barat Tidak Berpotensi Tsunami 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya