Wagub DKI Apresiasi Perayaan Imlek Terapkan Protokol Kesehatan 

Wagub DKI pantau vihara di Cilincing

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan langsung di vihara yang dibuka di masa pandemik, yaitu Vihara Lalitavistara, Cilincing, Jakarta Utara pada Jumat (12/2/2021).

Seiring dengan perayaan Tahun Baru Imlek 2572, Riza ingin memastikan vihara tersebut telah menerapkan protokol kesehatan, baik untuk beribadah maupun menyemarakkan Tahun Baru Imlek kali ini.

"Hari ini saya sengaja berkunjung ke Vihara Lalitavistara di Cilincing, Jakarta Utara. Tempat ini dipilih karena ini merupakan Vihara tertua di Indonesia, ada sejak (sekitar) 300 tahun lalu. Protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik di sini," ucap Ariza dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (12/2/2021).

1. Riza saksikan prosesi peribadatan di vihara

Wagub DKI Apresiasi Perayaan Imlek Terapkan Protokol Kesehatan Vihara di Cilincing. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza turut menyaksikan prosesi peribadatan sekaligus perayaan Imlek yang berlangsung secara sederhana di vihara tersebut. Ia menyampaikan apresasi atas kerja sama para pemuka agama dan warga di Jakarta yang beragama Buddha dalam penerapan protokol kesehatan selama melakukan peribadatan di Vihara.

Tidak cuma itu, dia juga mengapresiasi etnis Tionghoa di Jakarta yang merayakan Imlek dengan penuh kedamaian dan menerapkan protokol kesehatan.

"Pemuka agama dalam merayakan Imlek di masa pandemi ini menyarankan agar jamaahnya beribadah di rumah, sekalipun di sini diperkenankan, namun masyarakat yang merayakan Imlek/beribadah di vihara ini sangat terbatas. (Hal itu) tidak mengurangi makna dan arti ibadah itu sendiri. Di sini ada tempat beribadah, juga ada tempat perayaan untuk (Tahun Baru) Imlek," ujar Riza.

Baca Juga: Fakta-fakta Imlek di Indonesia, Dilarang Soeharto Diizinkan Gus Dur 

2. Wagub DKI sebut perayaan Imlek 2021 telah terapkan protokol kesehatan

Wagub DKI Apresiasi Perayaan Imlek Terapkan Protokol Kesehatan Wagub DKI pantau vihara di Cilincing. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ariza menyampaikan, perayaan Tahun Baru Imlek di seluruh wilayah Jakarta berlangsung dengan baik dan telah menerapkan protokol kesehatan. Ia menjelaskan beberapa tempat peribadatan di Jakarta memang dibuka di tengah pandemik, namun diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, baik untuk beribadah maupun menyemarakkan kegiatan keagamaan.

"Kita memprioritaskan pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan warga dan jemaah. Tidak mengurangi arti ibadah sekalipun dilaksanakan di rumah masing-masing. Namun demikian di vihara ini tetap dimungkinkan bagi siapa saja yang ingin datang dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan," ungkap Ariza.

3. Tahun Baru Imlek 2572 dirayakan secara berbeda

Wagub DKI Apresiasi Perayaan Imlek Terapkan Protokol Kesehatan Wagub DKI pantau vihara di Cilincing. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Tahun Baru Imlek 2572 dirayakan berbeda dan lebih sederhana di tengah pandemik COVID-19. Pemprov DKI Jakarta telah berkolaborasi dengan sejumlah komunitas untuk tetap menyemarakkan Tahun Baru Imlek yang dikemas secara virtual bertajuk Jakarta Imlekan 2021.

Rangkaian kegiatan Jakarta Imlekan 2021 berlangsung mulai 11 – 26 Februari 2021. Acara meliputi kampanye edukasi masyarakat tentang keberagaman di Jakarta melalui media sosial, konten berseri mengenai tradisi Imlek hingga sejarah Imlek masuk ke Jakarta, konten foto esai menampilkan figur-figur yang erat dengan Imlek, penayangan video Imlek pada videotron/LED di Jakarta, tayangan sembahyang Imlek, dan pertunjukan live barongsai.

Masyarakat dapat menyaksikan seluruh rangkaian perayaan Jakarta Imlekan melalui kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta, kanal Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta), Plus Jakarta (@plusjakarta), dan Jakarta Experience Board (@jxboard). Pemprov DKI Jakarta melalui Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta bersama Pengurus MATAKIN DKI Jakarta telah mengajak warga di Jakarta agar tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 dalam beribadah dan merayakan Imlek.

Baca Juga: Rayakan Imlek, PDIP Gelar Acara Bareng Ahok Secara Virtual

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya