Comscore Tracker

Wamenhan Herindra: Saya Akan Bersinergi dengan Bapak Menhan Prabowo

Tugas di Kemenhan tak akan jauh dari dunia militer

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi menunjuk Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Menhan). Pelantikan Herinda sendiri sudah berlangsung pada Rabu (23/12/2020) pagi, di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Secara pribadi, Herindra ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjadi Wakil Menhan. Ia pun siap menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

"Tentunya ini merupakan amanah yang harus saya laksanakan dengan baik," ujar Herindra di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Profil Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra

1. Herindra siap bersinergi dengan Prabowo Subianto

Wamenhan Herindra: Saya Akan Bersinergi dengan Bapak Menhan PrabowoANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Lebih lanjut, Herindra mengaku siap bersinergi dengan Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto. Ia menyebut kesamaan antara dirinya dan Prabowo yang sama-sama berasal dari dunia militer, akan memudahkan komunikasi antara keduanya.

"Nantinya saya akan bersinergi tentunya dengan Bapak Menteri Pertahanan (Menhan) yang mungkin saat ini saya dengan Bapak Menteri Pertahanan memiliki latar belakang yang sama," ujar Herindra.

"Kami sama-sama dari militer, dan mudah-mudahan dengan ada kesamaan background ini akan memudahkan kami nanti untuk membawa misi dari Kementerian Pertahanan," tambahnya.

2. Tugas di Kemenhan tak akan jauh dari dunia militer

Wamenhan Herindra: Saya Akan Bersinergi dengan Bapak Menhan PrabowoWakil Menteri Pertahanan, Letjen TNI Muhammad Herindra (Youtube.com/ArtCam Pictures)

Herindra mengakui bahwa tugasnya di Menhan ini tidak akan jauh dari prioritasnya selama ini, yakni dunia militer. Latar belakang ini akan memudahkannya untuk beradaptasi di Menhan. Namun, ia tentu harus belajar lebih dulu mengenai seluk beluk Kemenhan.

"Tugas yang akan kami laksanakan ke depan, tentunya akan kami pelajari terlebih dahulu, karena saya baru menjabat hari ini. Nanti saya akan menghadap Bapak Menhan untuk mendapat arahan-arahan selanjutnya," ujar Herindra.

"Saya tahu bahwa Kementerian Pertahanan itu mengelola dana yang besar dan tentunya kita harapkan bahwa dana tersebut dapat kita gunakan dengan baik, tepat sasaran, tepat guna, sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan kepada rakyat dengan sebaik-baiknya," lanjut dia.

3. Herindra jadi satu dari lima wakil menteri yang dilantik hari ini

Wamenhan Herindra: Saya Akan Bersinergi dengan Bapak Menhan PrabowoPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Herindra jadi salah satu dari lima Wakil Menteri yang dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (23/12/2020). Pelantikan tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan enam menteri baru Jokowi, yang digelar di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan wakil menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Adapun kelima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini yaitu:

  1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
  2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
  3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
  4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
  5. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: Deal! Menhan RI-AS Kerja Sama Cari Tentara Hilang saat Perang Dunia II

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya