Comscore Tracker

Waspadai Siklon Tropis Choi-Wan, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Siklon ini beri dampak tidak langsung untuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus memantau perkembangan bibit siklon tropis yang tumbuh di wilayah Indonesia. Mereka menemukan ada siklon tropis baru bernama 'Choi-Wan' yang mengancam utara Indonesia.

"Berdasarkan analisis terbaru tanggal 31 Mei 2021 jam 07.00 WIB, bibit siklon tropis yang sebelumnya disebut sebagai Tropical Depression '04W' yang telah terdeteksi sejak 30 Mei 2021 jam 07.00 WIB. Saat ini telah berkembang menjadi Siklon Tropis dengan nama Choi-Wan tepatnya di sekitar Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat," tulis keterangan resmi BMKG, Senin (31/5/2021).

1. Siklon tropis Choi-Wan bergerak ke arah barat

Waspadai Siklon Tropis Choi-Wan, BMKG Imbau Masyarakat WaspadaKepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan keterangan pers di Kantor BMKG Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (1/12). Berdasarkan hasil pemantauan Stasiun Klimatologi, BMKG merilis posisi terakhir siklon tropis Dahlia mulai menjauh dari wilayah Indonesia hari ini, tapi tetap meminta masyarakat untuk waspada karena masih ada beberapa dampak yang berpotensi muncul mempengaruhi kondisi cuaca. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww/17. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Siklon tropis Choi-Wan sendiri saat ini memiliki kecepatan angin maksimum mencapai 35 knots (65 km/jam). Siklon ini bergerak ke arah Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 9 knots (15 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia.

"Diperkirakan dalam periode 24 jam ke depan, intensitas Siklon Tropis Choi-Wan akan mengalami peningkatan intensitas dengan arah gerak terus menjauhi wilayah Indonesia," tulis BMKG.

Baca Juga: BMKG: Gerhana Bulan Total Tak Memicu Terjadinya Gempa

2. Siklon Choi-Wan beri dampak tidak langsung

Waspadai Siklon Tropis Choi-Wan, BMKG Imbau Masyarakat WaspadaIlustrasi dampak angin kencang (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Kendati bergerak menjauhi wilayah Indonesia, siklon tropis Choi-Wan memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang di sekitar wilayah Indonesia, setidaknya dalam periode dua hari ke depan.

Dampak-dampak yang diberikan itu antara lain, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.

Kemudian, adanya gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 meter di Laut Maluku bagian utara, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua Barat, gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter di Samudra Pasifik utara Papua Barat, serta angin kencang di wilayah Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

3. BMKG imbau masyarakat tetap waspada

Waspadai Siklon Tropis Choi-Wan, BMKG Imbau Masyarakat WaspadaIlustrasi prediksi cuaca BMKG (IDN Times/bmkg.go.id)

BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada khususnya di wilayah yang terkena dampak tidak langsung dari keberadaan siklon tropis Choi-Wan ini. Peningkatan curah hujan yang terjadi juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Beberapa bencana hidrometeorologi yang berpotensi timbul antara lain banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Alhasil, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana, BMKG meminta untuk tetap bersiap siaga.

Baca Juga: Wow! Danau Baru Imbas Siklon Seroja di Kupang Mengering

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya