Comscore Tracker

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga Meninggal

BNPB catat 902 warga tengah mengungsi di beberapa lokasi

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, hingga Minggu (5/12/2021), jumlah warga yang meninggal akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mencapai 13 orang. Data itu diterima Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto pada pagi tadi. 

Suharyanto pun langsung meninjau ke lokasi untuk melihat kondisi Kabupaten Lumajang yang menjadi area yang paling parah terkena erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter itu. Sambil menunggu ketibaannya, BNPB telah menyalurkan logistik awal kepada BPBD di Jawa Timur dengan nominal mencapai Rp1,1 miliar. 

Di sisi lain, Suharyanto juga menerima informasi sebanyak 41 orang mengalami luka akibat erupsi Gunung Semeru. Sebagian besar di antara korban mengalami luka bakar karena terkena awan panas. 

"Korban telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Selanjutnya  mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara," ujar Suharyanto. 

Tim gabungan juga berhasil melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga yang dilaporkan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang. Kini, proses evakuasi terhadap warga sudah mulai dilakukan. BPBD Jatim mengerahkan satu alat eskavator.

Di sisi lain, sebanyak 902 warga terpaksa mengungsi di beberapa titik di kecamatan karena rumahnya tertimbun abu vulkanik yang dimuntahkan dari kawah Gunung Semeru. Bahkan, Jembatan Gladak Perak yang menjadi penghubung jalan nasional antara Kabupaten Malang dan Lumajang putus akibat diterjang lahar dingin. Akibatnya sejumlah pejabat yang ingin menuju ke lokasi berputar arah dan mencari jalan masuk lain. 

Otoritas setempat memberlakukan status level II alias waspada usai Gunung Semeru erupsi. "Masyarakat yang berada dalam radius satu kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak lima km arah bukaan kawah sektor selatan-tenggara, agar segera menghentikan aktivitas dan segera mengungsi," ujar Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi PVMBG Kristianto seperti dikutip dari ANTARA

Berikut beberapa foto yang menggambarkan dahsyatnya erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021. 

1. Warga di Kabupaten Lumajang terlihat panik ketika melihat luncuran awan panas dari kawah Gunung Semeru

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalGunung Semeru erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021 (Tangkapan layar video dari BNPB)

Baca Juga: [UPDATE] Erupsi Gunung Semeru Sebabkan 13 Warga Meninggal 

2. Material dari guguran awan panas Gunung Semeru meluncur hingga jarak 800 meter

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalRelawan mengamati kepulan asap yang berasal dari material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

3. Rumah-rumah warga di Kabupaten Lumajang tak bisa dihuni karena tertimbun abu vulkanik

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalWarga melintas di rumah yang rusak akibat abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu, 5 Desember 2021 (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

4. Warga sibuk mengabadikan kepulan asap yang masih keluar dari kawah Gunung Semeru

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalWarga mengamati kepulan asap yang berasal dari material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

5. Truk pengangkut pasir di Kabupaten Lumajang ikut tertimbung abu vulkanik Gunung Semeru

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalWarga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

6. Jembatan Gladak Perak yang menghubungkan Lumajang dan Malang ikut putus akibat terkena lahar dingin

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalSejumlah warga melihat jembatan Besuk Koboan atau biasa disebut Gladak Perak yang putus di Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

7. Warga mulai mengungsi dan bersiap bila terjadi erupsi kedua dari Gunung Semeru

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalKondisi rumah warga usai terkena paparan awan panas di Gunung Semeru, Jawa Timur pada 5 Desember 2021 (Dokumentasi BNPB)

8. Warga yang mengalami luka bakar akibat terpapar awan panas dirawat di RSUD Pasirian

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalSejumlah korban luka bakar letusan Gunung Semeru dirawat di RSUD Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Seno)

9. Sejumlah warga mengungsi di sekolah terdekat agar tak terkena dampak erupsi Gunung Semeru

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalWarga di Lumajang, Jawa Timur yang mengungsi usai erupsi Gunung Semeru (Dokumentasi BNPB)

10. Tim gabungan terus mencari dan mengevakuasi warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru

10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga MeninggalTim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban akibat tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, PVMBG: Masih Berstatus Waspada

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya