10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang 

Total ada 4.000 undangan yang hadir di upacara Rabu pagi

Jakarta, IDN Times - Setelah dua tahun digelar secara virtual, HUT RI akhirnya kembali digelar luring (luar jaringan atau offline). Peringatan HUT ke-77 digelar secara meriah di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/8/2022) pagi. 

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, upacara yang digelar pada pagi tadi dihadiri oleh sekitar 4.000 tamu undangan. Mereka sudah menerima vaksin booster dan mengikuti protokol kesehatan. 

Acara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dengan kirab budaya Nusantara. Tim Paskibraka yang membawa bendera duplikat Merah Putih dan teks naskah Proklamasi diarak dari Monas menuju Istana Merdeka. Mereka menumpang kereta kencana Ki Jaga Raksa buatan Solo tahun 2009. 

Kereta itu ditarik oleh enam kuda yang memiliki nama-nama khusus. Sama seperti keinginan Presiden Joko "Jokowi" Widodo sejak 2017 lalu, maka semua tamu dan peserta yang hadir wajib mengenakan pakaian daerah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin menunjukkan beragamnya budaya Indonesia.

Pada upacara pengibaran bendera, I Dewa Ayu Firsty dari SMA Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah terpilih menjadi pembawa baki Bendera Merah Putih. Ia merupakan bagian dari tim Pancasila Tangguh yang bertugas untuk mengibarkan bendera.

Manuver udara dari alutsista milik TNI dan Polri turut memberikan atraksi yang dinanti oleh publik. Namun, kali ini TNI Angkatan Laut tak mau ketinggalan. Mereka ikut mengucapkan HUT ke-77 RI dari 77 lokasi di bawah laut di seluruh Indonesia.

Namun, acara pada pagi tadi 'dicuri' sepenuhnya oleh penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga. Ia sukses membuat tamu-tamu penting, termasuk Ibu Negara Iriana Jokowi joged ketika mendendangkan lagu 'Ojo Dibandingke'. 

Sejumlah menteri yang belum pernah terlihat joged di Istana, seperti Prabowo Subianto dan Sri Mulyani sampai beranjak dari tempat duduknya. Begitu juga dengan para kepala staf TNI. Mereka tak malu-malu berjoged di hadapan bosnya. 

Berikut IDN Times tampilkan 10 foto yang menggambarkan kemeriahan perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

1. Kirab Budaya Nusantara dimulai dengan tarian Reog Ponorogo

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang HUT ke-77 RI dimulai dengan Kirab Budaya Nusantara, salah satunya tari Reog Ponorogo pada Rabu, (17/8/2022). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Tertangkap Kamera, Kaesang Duduk Samping Kekasih Saat HUT RI di Istana

2. Bendera pusaka dan teks naskah Proklamasi dijemput dari ruang Kemerdekaan di Monas dan dibawa ke Istana Merdeka

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Ruang Kemerdekaan di Cawan, Monas, tempat menyimpan bendera pusaka dan teks naskah Proklamasi yang kemudian dibawa ke Istana Negara pada Rabu, (17/8/2022). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

3. Personel Paskibraka yang membawa bendera pusaka dan teks naskah Proklamasi diantar kereta kencana menuju ke Istana Merdeka

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Anggota Paskibraka Nasional 2022, Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri membawa baki duplikat Bendera Pusaka Merah Putih pada Rabu, (17/8/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

4. Personel Paskibraka sukses mengibarkan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Upacara Pengibaran Bendera HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

5. Sebanyak 14 jet tempur milik TNI AU bermanuver dan membentuk formasi angka 77

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Formasi angka 77 dari 14 jet tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI AU yang mengangkasa di atas Istana Negara pada Rabu, (17/8/2022). (youtube.comSekretariat Presiden)

6. Di HUT ke-77, Presiden Jokowi mengenakan pakaian Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Reaksi Presiden Jokowi saat Farel Prayoga nyanyikan lagu Ojo Dibandingke di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

7. Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep tertangkap kamera duduk di samping kekasih baru saat hadiri upacara pengibaran bendera

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dan kekasih barunya, Erina Gudono ikut hadir di HUT ke-77 RI. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

8. Farel Prayoga jadi bintang di upacara pengibaran bendera pagi tadi. Bocah 12 tahun itu sukses menggoyang istana lewat lagu Ojo Dibandingke

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Farel Prayoga nyanyikan lagu Ojo Dibandingke di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

9. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo pun tak luput ikut berjoged. Ia seolah melupakan sejenak kasus pembunuhan yang melibatkan Ferdy Sambo

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Kapolri Listyo Sigit dan Juliati Ikut Joget Ojo Dibandingke di Istana (youtube.com/Sekretariat Presiden)

10. Dari luar Istana Merdeka, publik antusias mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih

10 Potret HUT ke-77 RI di Istana, Farel Prayoga Jadi Bintang Suasana Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus di Istana Merdeka (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Baca Juga: 14 Jet Tempur TNI AU Mengangkasa Bentuk Formasi 77, Bikin Kagum Jokowi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya