14 DPW PPP Dukung Ganjar Maju Pilpres, Mardiono Bakal Ajukan ke KIB

KIB bakal bahas sosok capres dua bulan lagi

Jakarta, IDN Times - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Mardiono mengatakan sejumlah kader di daerah mengajukan nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk diusung pada Pemilu 2024. Ia mengatakan ada 14 DPW yang mengusulkan kepada DPP agar politikus PDI Perjuangan itu diajukan sebagai capres dari PPP. Mardiono mengatakan usulan itu akan dibahas dan diajukan ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

"Jadi, ada beberapa wilayah, kalau tidak salah ada 14 wilayah yang memang sudah menyuarakan untuk mengusulkan kepada DPP agar bisa mencalonkan (nama) Pak Ganjar. Itu permintaan wilayah," ungkap Mardiono di Istana Kepresidenan pada Rabu, (23/11/2022). 

Ia menyebut sejauh ini soal nama capres dan cawapres yang bakal diusung oleh KIB masih terus berproses. Mardiono mengaku masih belum mengetahui apakah calon yang nantinya bakal diputuskan di KIB sesuai dengan aspirasi DPW PPP. 

"Harapan saya ya kalau itu calonnya sama. Tapi ya sudah itu kan menjadi keputusan nanti," tutur dia lagi. 

Meski begitu, Mardiono mengatakan belum dapat memastikan kapan pembahasan mengenai capres di KIB akan dilakukan. Selain PPP, Partai Golkar diprediksi juga akan kukuh untuk mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai capres di Pemilu 2024. 

Di sisi lain, menurut pengamat politik Adi Prayitno, pembahasan terkait capres di KIB bakal berlangsung alot. Mengapa demikian?

1. Masing-masing partai di KIB sudah punya jagoan

14 DPW PPP Dukung Ganjar Maju Pilpres, Mardiono Bakal Ajukan ke KIBMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Adi mengatakan meski berkoalisi, tetapi baik Golkar, PPP dan PAN memiliki jagoan masing-masing untuk diajukan sebagai capres di Pemilu 2024. Padahal, ketiganya adalah parpol di koalisi pemerintahan. 

Seperti yang diketahui, Golkar sudah pasti akan mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai capres. "Artinya kalau Golkar di KIB, tidak boleh tidak, partai koalisi harus merundingkan bersama Golkar yang mengusung Airlangga sebagai capres. Apakah itu nanti bakal disetujui? Itu kan lain hal," ungkap Adi ketika dihubungi pada Selasa, 22 November 2022 lalu.

Ia menambahkan bila Golkar tetap kukuh mengajukan Airlangga sebagai capres, maka mereka harus realistis bahwa elektabilitas pria yang juga menjabat sebagai Menko Bidang Perekonomian itu masih tergolong rendah. 

"Elektabilitas Airlangga hingga saat ini kan tidak naik secara signifikan. Tentu dalam hal itu Golkar ya harus mau bernegosiasi," tutur dia. 

Baca Juga: Organisasi 'Sayap' PPP Forum Ka'bah Janji 20 Juta Suara untuk Anies

2. Pembahasan capres-cawapres di KIB diprediksi tidak akan langsung mengerucut ke satu nama

14 DPW PPP Dukung Ganjar Maju Pilpres, Mardiono Bakal Ajukan ke KIBPertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/11/2022)/Istimewa

Di sisi lain, PAN dan PPP juga memiliki beberapa nama yang dijagokan. Beberapa nama itu juga sudah diketahui oleh publik antara lain Ridwan Kamil, Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo. Nama-nama yang dijagokan oleh PPP dan PAN cenderung memiliki irisan yang sama.

Maka, Adi menilai pembahasan capres dari KIB tidak akan langsung mengerucut pada satu nama. Menurutnya, akan ada banyak variabel yang jadi penentu capres yang layak diusung KIB.

"Kok rasa-rasanya tidak mungkin langsung mengerucut pada satu nama, karena kan pendaftaran agak cukup lama sekitar Agustus lah. Tapi, yang jelas mereka sudah menggodok nama-nama potensial yang akan mereka usung untuk dipilih sebagai kandidat capres. Baru kemudian dari 4 atau 5 nama yang dimunculkan dalam meja perundingan, mereka akan mengerucutkan variabel-variabel apa yang kemudian akan bisa menjelaskan kia-kira siapa yang akan layak untuk mereka usung," katanya.

3. Ketum PAN menyebut pembahasan capres akan dilakukan di KIB dua bulan lagi

14 DPW PPP Dukung Ganjar Maju Pilpres, Mardiono Bakal Ajukan ke KIBWali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat lari pagi di Kebun Raya Bogor, Sabtu (13/11/2021). (ANTARA/HO/PAN)

Sementara, sebelumnya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sudah membocorkan bahwa dalam dua bulan ke depan, KIB mulai membicarakan soal sosok capres yang akan diusung. 

"Kami kalau KIB merumuskan dulu apa yang dikerjakan. Mudah-mudahan dua bulan depan berbicara soal capres," ujar pria yang akrab disapa Zulhas itu di Stadion Manahan, Solo pada 19 November 2022 lalu.

Ia pun tak segan-segan memuji sejumlah tokoh yang namanya masuk ke dalam bursa capres. Mulai dari Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Erick Thohir hingga Ganjar Pranowo. Menurut Zulhas, mereka semua adalah pemimpin yang hebat. 

"Pilpres nanti. Semua hebat-hebat. Ada Pak Ganjar, Pak RK (Ridwan Kamil), Pak Erick, Pak Anies," tutur dia. 

Baca Juga: Waketum PPP: Prabowo Bukan Satu-Satunya Capres yang Direstui Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya