Comscore Tracker

Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'

Jokowi merasa menyatakan cinta tak perlu pakai kata-kata

Jakarta, IDN Times - Ibu Negara Iriana Jokowi membuat suatu pengakuan yang mengejutkan. Ia mengatakan selama 32 tahun menikah dengan orang nomor satu di Indonesia, namun tak sekali pun Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah menyatakan kata cinta atau anak millennials sekarang menyebut 'I Love You'. 

"Oh, gak pernah belum pernah (Pak Jokowi ngomong cinta)," ujar Iriana ketika diwawancarai Najwa Shihab di program Mata Najwa yang tayang di Trans 7 pada Rabu (12/12). 

Walaupun tidak pernah menyatakan cinta, namun Jokowi tetap mengklaim sebagai pria yang romantis. 

"Saya ini justru sangat romantis," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjawab pertanyaan Najwa semalam. 

Lalu, apa rahasia Jokowi-Iriana bisa mempertahankan perkawinan yang awet hingga 32 tahun?

1. Jokowi memilih memberi perhatian nyata ketimbang kata-kata manis ke Iriana

Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Jokowi, untuk menyatakan kalau ia cinta ke sang istri tidak perlu selalu disampaikan dengan kata-kata. Ia lebih memilih untuk menyampaikan melalui perbuatan langsung di dalam kesehariannya bersama Iriana. 

"Kan tidak perlu lewat kata-kata, apalagi pakai tambahan gombal-gombalnya. Lebih bagus (rasa cinta) itu disampaikan di dalam keseharian," kata Jokowi. 

Salah satu bentuk perhatian yang diklaim oleh mantan Wali Kota Solo itu ke sang istri yakni ketika ia meminta makan ke Iriana. Sementara, bagi Iriana sendiri, ia mengaku tidak pernah bersikap manja ke suaminya. 

"Gak pernah manja," tutur Iriana jujur. 

Baca Juga: Inspirasi Tata Rias Natural ala Ibu Iriana & Keluarga, Mudah Ditiru!

2. Salah satu momen paling romantis Iriana-Jokowi yaitu ketika naik motor bersama di Papua

Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'Jokowi dan Iriana ketika tengah membagikan buku bagi anak-anak di Papua. (setkab.go.id)

Menurut Iriana dan Jokowi, salah satu momen paling romantis keduanya saat melakukan kunjungan kerja terjadi saat berada di Asmat, Papua. Saat itu, Jokowi terlihat membonceng Iriana menyusuri pemukiman warga. 

Jokowi menyebut saat itu sang istri memeluknya dari belakang. Apalagi cuaca di sana sempat turun hujan. 

Uniknya, Iriana membantah memeluk Jokowi dari belakang saat dibonceng. 

"Gak meluk kok (dari belakang)," kata Iriana.  

3. Iriana sempat jengkel apabila ada perempuan yang datang dan memeluk Jokowi

Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'Facebook/Presiden Joko Widodo

Saat ditanya apakah pernah cemburu terhadap perempuan yang pernah mendatangi Jokowi, Iriana tidak menampiknya. Ia mengaku sering kali jengkel saat suaminya melakukan kunjungan kerja, lalu ada perempuan yang datang memeluk Jokowi. 

"Kadang mangkel (jengkel) ada perempuan yang langsung meluk," tutur Iriana. 

Ia pun mengaku tidak berlama-lama merasakan jengkel karena ia sadar itu hanya sikap yang ditunjukkan secara spontanitas. Apalagi akhirnya warga bisa berinteraksi dengan Presiden. 

"Rakyat kita ini kan banyak sekali. Kadang saking senangnya, lalu meluk dan banyak yang seperti itu. Memang kalau yang meluk nenek-nenek gak apa-apa. Tapi, kalau bukan nenek-nenek (yang peluk) ya agak cemburu sedikit," kata dia lagi. 

4. Jokowi merasa Iriana adalah cinta pertama

Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'Instagram.com/@Jokowi

Jokowi kemudian sempat berkisah awal mula mengenal Iriana. Ia mengaku mengenal istrinya itu, karena dia adalah sahabat dekat adiknya. Saat akhirnya berkenalan, Jokowi mengaku sudah jatuh cinta pada pandangan pertama. Sementara, Iriana merasa biasa saja. 

"Iya lah ngaku aja (naksir Iriana lebih dulu)," tutur dia. 

Jokowi juga menyebut Iriana adalah cinta pertamanya. Sebab, setelah mengenal melalui proses pacaran hampir empat tahun, keduanya memutuskan untuk menikah. 

"Saya gak ada mantan. Tapi, gak tahu kalau memang ada yang merasa mantan saya," kata Jokowi sambil tertawa. 

5. Iriana memberikan perhatian ke Jokowi melalui hal-hal kecil

Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'(Presiden Joko Widodo dan istri Iriana) www.twitter.com/@maman1965

Salah satu hal yang membuat Jokowi begitu menyayangi sang istri, karena ia kerap memberikan perhatian di hal-hal yang kecil. Salah satunya ketika Jokowi tengah berbicara di hadapan ratusan WNI di KBRI Singapura. 

Peristiwa yang terjadi pada (6/9/2017) itu menjadi buah bibir warganet lantaran Iriana sudah memberikan kode sebanyak tiga kali ke suaminya, namun tidak digubris. Saat itu, Iriana memberikan pesan penting kalau rambut suaminya sudah mulai berantakan. 

Jokowi baru ngeh diberi pesan oleh sang istri ketika dibisiki oleh paspamres. 

"Dibisiki tadi: 'Pak, rambutnya dibetulkan'," ujar Jokowi ketika itu yang disambut gelak tawa hadirin di KBRI Singapura. 

"Memang kalau menyangkut hal-hal kecil yang sering kali tidak terlihat lalu ditegor sedikit," kata mantan Wali Kota Solo itu soal perhatian yang disampaikan sang istri. 

Pada 24 Desember mendatang, Jokowi dan Iriana akan merayakan anniversary ke-32 pernikahannya. Lalu, apa kah akan ada kado spesial dari Jokowi untuk Iriana?

"Enggak ada (acara khusus). Apalagi (tukeran kado). Ndak pernah juga (kasih bunga)," katanya. 

Menurut Jokowi, ia memilih untuk tetap bersyukur kepada Tuhan karena masih diberikan kesehatan dan anak-anaknya sudah mulai mandiri. Peristiwa itu menurut Jokowi jauh lebih berharga ketimbang merayakan anniversary pernikahan atau ulang tahun. 

Baca Juga: Kisah Cinta Jokowi-Iriana yang Bisa Jadi Panutan Generasi Millennial!

Topic:

  • Santi Dewi
  • Yogie Fadila
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya