5 Potret Jenderal Dudung Lantik Mayjen Untung Jadi Pangdam Jaya

Penunjukkan Untung disorot karena eks Tim Mawar Kopassus

Jakarta, IDN Times - Meski diprotes sejumlah lembaga masyarakat sipil, Mayjen Untung Budiharto tetap dilantik sebagai Panglima Kodam Jaya pada Senin, 10 Januari 2022. Proses serah terima jabatan dipimpin langsung Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Sertijab itu dilakukan di Aula Jenderal Besar AH Nasution, Mabes AD, Jakarta Pusat. 

Acara sertijab ditandai dengan pelepasan dan penyematan tanda jabatan serta penyerahan tongkat komando dari pejabat yang lama ke pejabat yang baru. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka. 

Penunjukkan Mayjen Untung sebagai Pangdam Jaya mendapatkan sorotan yang luas. Sebab, Untung merupakan residivis. Pada tahun 2000, Untung dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Militer II karena menculik aktivis prodemokrasi. Hingga kini, masih ada aktivitis prodemokrasi tersebut yang belum kembali. 

Ia merupakan bagian dari Tim Mawar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di akhir Orde Baru. Ketika itu, Tim Mawar adalah tim kecil yang berasal dari kesatuan Kopassus Grup IV TNI AD.

Tim Mawar beranggotakan 10 orang yang dibentuk Mayor Bambang Kristiono pada Juli 1997. Tugas Tim Mawar adalah memburu dan menangkap aktivis prodemokrasi jelang kejatuhan rezim militer Soeharto. Operasi tim ini kemudian terbongkar.

Untung kemudian dibui selama dua tahun dan 10 bulan. Namun, ia tidak dipecat dari instansi TNI. 

Untung ditunjuk menjadi Pangdam Jaya atas keputusan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Koordinator KontraS Fathia Maulidiyanti menegaskan penunjukkan Mayjen Untung sebagai Pangdam Jaya menandakan dalam pemilihan pejabat publik, pemerintah tak melakukan penelusuran rekam jejak.

Hal tersebut, kata Fathia, memberikan pesan ke publik bahwa pemerintahan Jokowi enggan memenuhi janjinya untuk mengusut tuntas pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Berikut beberapa dokumentasi yang menggambarkan serah terima jabatan dan lepas sambut dari Mayjen Mulyo Aji kepada Mayjen Untung Budiharto. 

1. Sertijab Pangdam Jaya langsung dipimpin oleh KSAD Jenderal Dudung

5 Potret Jenderal Dudung Lantik Mayjen Untung Jadi Pangdam JayaKepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memimpin pelantikan Untung Budiharto sebagai Pangdam Jaya pada Senin, 10 Januari 2022 (www.instagram.com/@kodam_jayakarta)

Baca Juga: Orang Tua Aktivis yang Diculik: Kok Bisa Residivis Masih Ada di TNI?

2. Komandan Puspom TNI AD ikut berikan ucapan selamat kepada Mayjen Untung yang dilantik jadi Pangdam Jaya

5 Potret Jenderal Dudung Lantik Mayjen Untung Jadi Pangdam JayaKomandan Pusat Polisi Militer TNI AD, Letjen Chandra W. Sukotjo (kiri) memberi selamat kepada Pangdam Jaya yang baru (www.instagram.com/@puspom_tni_ad)

3. Gubernur Anies Baswedan dan Kapolda Metro Jaya ikut hadir dalam acara sertijab Pangdam Jaya

5 Potret Jenderal Dudung Lantik Mayjen Untung Jadi Pangdam JayaUpacara lepas dan pisah sambut Pangdam Jaya baru pada Senin, 10 Januari 2022 (www.instagram.com/@kodam_jayakarta)

4. Mayjen Mulyo Aji dipromosikan bertugas di Kemenko Polhukam

5 Potret Jenderal Dudung Lantik Mayjen Untung Jadi Pangdam JayaUpacara lepas dan pisah sambut Pangdam Jaya yang baru Untung Budiharto (pojok kiri) (www.instagram.com/@kodam_jayakarta)

5. Pangdam Jaya Mulyo Aji resmi dilepas oleh jajaran Kodam Jaya

5 Potret Jenderal Dudung Lantik Mayjen Untung Jadi Pangdam JayaUpacara lepas dan pisah sambut dengan Pangdam Jaya Mulyo Aji yang akan berkarier di Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (www.instagram.com/@kodam_jayakarta)

Baca Juga: Profil Mayjen Untung Budiharto, Eks Tim Mawar yang Jadi Pangdam Jaya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya