Comscore Tracker

5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu Dhabi

Hubungan Jokowi dan Presiden UEA memang dekat

Jakarta, IDN Times - Usai menuntaskan misi kemanusiaan di Ukraina dan Rusia, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak langsung kembali ke Tanah Air. Ia mampir ke Uni Emirat Arab (UEA) dan bertemu Presiden Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Jokowi terlihat disambut pria yang kerap disapa MBZ itu ketika tiba di Istana Al Shatie pada Jumat, 1 Juli 2022. Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet pada Sabtu, (2/7/2022), Jokowi dan Presiden MBZ menjadi saksi penandatanganan perjanjian dagang IUEA-CEPA.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, penandatanganan kesepakatan dagang kedua negara itu tergolong kilat. Bahkan, menjadi yang tercepat yang pernah dialami Indonesia. Sebab, pembahasan awal mengenai IUEA-CEPA baru dilakukan pada 2 September 2021 di Bogor.

"Kurang dari setahun waktu yang dibutuhkan (agar kesepakatan itu diteken)," ujar Retno, kemarin. 

Total ada enam nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama yang diteken kedua negara. Salah satu di antaranya termasuk kontrak pembelian Landing Platform Dock (LPD) antara PT PAL dengan Angkatan Laut UEA. 

Namun, momen menarik lainnya yang terekam kamera ketika Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, salat Jumat bersama Presiden MBZ di Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, kemarin. Dari beberapa dokumentasi yang ada, Jokowi dan Prabowo berada di shaf terdepan bersama Presiden MBZ. 

Kedekatan antara Jokowi dan Presiden MBZ terjalin sudah cukup lama. Saking dekatnya, Presiden MBZ menggunakan nama Jokowi untuk menamakan satu jalan di Abu Dhabi. Jalan itu mencapai sekitar 4 kilometer yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Centre) dengan area kantor perwakilan diplomatik di UEA. 

"Jadi, Putera Mahkota (Presiden MBZ) ingin menunjukkan bahwa hubungan kedua negara ini sangat dekat lah. Inisiatif penamaan itu datang dari mereka. Saya sempat dihubungi oleh pihak pemerintah UEA," ungkap Dubes Husin Bagis ketika dihubungi IDN Times pada Oktober 2020. 

Selain penamaan jalan, UEA juga akan membangun masjid di Solo dengan nilai mencapai Rp300 miliar. Masjid tersebut merupakan duplikasi Masjid Agung Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi. Pemerintah UEA juga berkontribusi terhadap pembangunan gedung baru KBRI dan Wisma Duta.

Sebagai balasannya, pada 2021, pemerintah Indonesia menamakan jalan tol layang Japek menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed bin Zayed. 

Berikut sejumlah dokumentasi yang menggambarkan keakraban Jokowi dengan MBZ yang kini telah menjadi pemimpin tertinggi di UEA.

1. Jokowi, Prabowo dan Presiden MBZ duduk di barisan terdepan saat salat Jumat di masjid di Abu Dhabi

5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu DhabiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo salat Jumat bersama Presiden MBZ di Abu Dhabi pada 1 Juli 2022. (Dokumentasi Tim Menhan)

Baca Juga: Penamaan Jalan Presiden Joko Widodo Inisiatif Uni Emirat Arab

2. Hubungan Jokowi-MBZ memiliki kedekatan secara personal. MBZ sering sapa Jokowi dengan sebutan 'brother'

5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu DhabiPresiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammad bin Zayed (MBZ) pada Jumat, 1 Juli 2022. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

3. Ruas jalan di komplek diplomatik di Abu Dhabi diganti menjadi Presiden Joko Widodo. Selain Jokowi, jalan di area itu juga menggunakan nama Raja Arab Saudi

5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu DhabiJalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

4. Presiden Jokowi sampaikan duka cita kepada Sheikh MBZ atas wafatnya sang kakak, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Mei 2022. MBZ lalu gantikan kakaknya jadi Presiden UEA

5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu DhabiPresiden Jokowi sampaikan duka cita atas wafatnya Sheikh Khalifa di Abu Dhabi (dok. Sekretariat Presiden)

5. Presiden UEA sudah pernah berkunjung ke Istana Bogor pada 2019. UEA juga berkomitmen berinvestasi di proyek IKN Nusantara

5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu Dhabi(Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Baca Juga: Usai Beri Nama Jalan Joko Widodo, UEA Berencana Bangun Masjid di Solo 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya