Comscore Tracker

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu Kendaraan

Kendaraan paling banyak membanjiri Puncak di H+1 Lebaran

Jakarta, IDN Times - Kemacetan saat libur Idul Fitri 1443 Hijriah tidak hanya terlihat di ruas jalan yang menuju ke kampung halaman. Penumpukan kendaraan yang sangat padat juga terlihat di tempat-tempat wisata, termasuk Puncak, Bogor, Jawa Barat. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Dicky Anggi Pranata, menuturkaan lebih dari 260 ribu kendaraan telah masuk ke kawasan Puncak, Bogor sejak Idul Fitri pada 2 Mei 2022 lalu.

"Sebanyak 260 ribu kendaraan itu tercatat masuk di hari pertama Idul Fitri," ungkap Dicky seperti dikutip dari kantor berita ANTARA pada Sabtu, (7/5/2022). 

Dia mengatakan jumlah kendaraan yang masuk ke Puncak pelan-pelan berkurang meski angkanya tidak sedikit. Seperti pada hari ketiga Lebaran pada 4 Mei 2022 lalu, total ada 90 ribu kendaraan yang memasuki kawasan wisata Puncak. Antrean kendaraan sudah terlihat sejak pagi hari. 

Sementara, pada 5 Mei 2022 lalu, angka kendaraan yang masuk berkurang menjadi 28 ribu. Pada Jumat kemarin, volume kendaraan bertambah dengan jumlah yang sama yakni 28 ribu. 

Meski jumlah kendaraan yang memasuki kawasan Puncak terus berkurang, tetapi Polres Bogor tetap menggunakan strategi satu arah atau one way untuk mengurangi kepadatan di area Puncak.

"Kami memainkan pola one way dari arah Jakarta ke Puncak pukul 07:15 tadi diperkirakan sampai pukul 12.00 WIB," kata dia.

Setelah pukul 12:00 WIB, Polres Bogor memberlakukan penutupan jalur dari arah sebaliknya. Dicky berharap para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Puncak bisa menyesuaikan waktu keberangkatan dengan jadwal one way yang sudah ditetapkan.

Kemacetan bahkan sudah terjadi sejak pagi tadi lantaran terjad kecelakaan yang melibatkan dua mobil di Jalan Raya Puncak-Gadog, Jawa Barat. Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 04:30 WIB. 

Kecelakaan yang terjadi tepat di depan Wisma Kementerian Pertanian ini mengakibatkan kemacetan cukup panjang ke arah Gadog maupun Puncak. Serpihan kaca mobil akibat kecelakaan masih terlihat berceceran di tempat kejadian ketika jalan dilalui sekitar pukul 06:50 WIB. Bekas tanda lingkaran menggunakan kapur juga terlihat di beberapa bagian aspal.

Berikut sejumlah foto yang menggambarkan horornya kemacetan di kawasan wisata Puncak ketika Lebaran.

1. Kendaraan sudah terlihat mengular sejak jalan Tol Jagorawi

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanSejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Tol Jagorawi saat akan menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Baca Juga: Jalur Jakarta Menuju Puncak Diberlakukan One Way, Ini Jadwalnya

2. Ruas jalan digunakan lebih banyak oleh kendaraan yang menuju ke kawasan Puncak

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanSejumlah kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cipayung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

3. Sejumlah pengendara motor mencari jalan alternatif agar tak terjebak kebijakan one way di Puncak

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanSejumlah pengendara sepeda motor melintasi jembatan Sungai Ciliwung, Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

4. Sejumlah warga memilih duduk di pinggir jalan sambil menunggu kemacetan mereda

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanSejumlah wisatawan keluar dari kendaraannya saat terjebak kemacetan akibat buka tutup jalan Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

5. Personel Polres Bogor memanfaatkan kostum untuk sosialisasi prokes dan kebijakan one way

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanPolwan Polres Bogor bersama badut karakter menyusuri Jalan Raya Puncak untuk memberikan imbauan protokol kesehatan dan pemberitahuan sistem satu arah di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

6. Sejumlah penumpang kendaraan mengalihkan dari kemacetan ke atraksi topeng monyet di pinggir jalan

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanWisatawan mencoba menyentuh monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) saat melakukan atraksi di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

7. Kebun teh di Gunung Mas masih jadi destinasi wisata favorit di kawasan Puncak

7 Foto Horornya Macet di Puncak Bogor Saat Diserbu 260 Ribu KendaraanPengunjung berwisata di kebun teh Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Baca Juga: 5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 Jam

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya