Comscore Tracker

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL Tiongkok

Anjungan dan buritan KRI Nanggala-402 belum diangkat

Jakarta, IDN Times - Nyaris satu bulan tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402 berlalu. Namun, hingga kini TNI Angkatan Laut belum bisa melakukan evakuasi bagian besar badan kapal selam buatan Jerman tersebut. 

Dalam pemberian keterangan pers yang dilakukan pada Selasa (18/5/2021) di markas TNI AL di Denpasar, Bali, Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan sudah mengetahui titik bagian besar kapal selam seperti anjungan, buritan dan haluanLokasi itu bisa terdeteksi usai dibantu Angkatan Laut (AL) Tiongkok. 

Dalam operasi tersebut, AL dari Negeri Tirai Bambu mengerahkan tiga kapal yaitu Tug Nantuo-195, Rescue Yong Xing Dao-863, dan Tan Suo 2. AL Tiongkok kemudian mengerahkan kapal Tan Suo Er Hao untuk melakukan pemindaian karamnya kapal selam KRI Nanggala-402. Menurut Iwan, hasil pemindaian yang dilakukan Kapal Tan Suo Er Hao tidak berbeda dengan hasil pindai KRI Rigel.

"Dari penggambaran juga tidak berbeda, di sini adalah (bagian) haluan, di sini terlihat ada anjungan yang terdapat tulisan 402, di sini tempatnya buritan (stern section)," ungkap Iwan kemarin. 

"Ada satu hal di sini, kami menyebutnya crater atau kawah yang diameternya kurang lebih 38 meter, kedalaman 10-15 meter. Sampai saat ini kami masih belum mengetahui apa isi kawah tersebut," tutur dia lagi. 

Namun, ada satu bagian besar lainnya yang belum ditemukan yaitu badan tekan (pressure hull). Diduga jenazah 53 kru KRI Nanggala 402 berada di sana. Iwan menduga bagian badan tekan masuk ke dalam kawah di dasar laut yang tertutup lumpur itu. 

Meski begitu, AL Tiongkok berhasil mengangkat beberapa benda dari lokasi karamnya KRI Nanggala-402 di kedalaman 838 meter, antara lain antena ESM, pelindung kabel torpedo, personal life swim, hidrofon PRS, plat badan luar, C type wrench from, technical hand book, technical manual, dan liferaft.

“Tugas ini tidaklah mudah, karena mengangkat barang yang begitu besar, kedalaman 839 meter yang tidak dilaksanakan langsung oleh manusia, tapi menggunakan robotic maka memerlukan waktu yang cukup lama dan panjang,” kata Iwan. 

Berikut beberapa foto yang menunjukkan benda-benda milik KRI Nanggala-402 yang berhasil dievakuasi dari kedalaman 838 meter di perairan utara Bali: 

1. Pangkoarmada II yang didampingi Athan Kedutaan Tiongkok di Jakarta menunjukkan benda yang diangkat dari kedalaman 838 meter

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokPanglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto (paling kiri) tengah menunjukkan bagian dari KRI Nanggala 402 yang berhasil dievakuasi. (Dokumentasi TNI AL)

Baca Juga: Bagian KRI Nanggala 402 Ditemukan di Dekat Kawah Misterius di Bali 

2. Bagian buritan KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter yang ditemukan kapal AL Tiongkok

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokBagian KRI Nanggala 402 yang ditemukan oleh AL Tiongkok di dasar laut Bali (Tangkapan layar YouTube TNI AL)

3. Hasil pindai dari kapal AL Tiongkok yang menunjukkan adanya kawah sedalam 15 meter dekat lokasi karamnya KRI Nanggala-402

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokHasil sonar scan kapal Angkatan Laut Tiongkok di wilayah tenggelamnya KRI Nanggala 402 (Tangkapan layar YouTube TNI AL)

4. Bagian anjungan yang coba dievakuasi oleh kapal AL Tiongkok, namun gagal karena tali sling putus

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokBagian anjungan KRI Nanggala 402 yang karam di dasar laut (Tangkapan layar YouTube TNI Angkatan Laut)

5. Liferaft untuk keadaan darurat berhasil dievakuasi dari kedalaman 838 meter

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokLiferaft yang berbobot 700 kilogram milik KRI Nanggala 402 berhasil diangkat ke permukaan laut dari kedalaman 838 meter (Dokumentasi TNI AL)

6. Situasi dasar laut di kedalaman 838 meter tempat ditemukannya liferaft KRI Nanggala-402, gelap dan tak ada cahaya matahari

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokSituasi air laut di kedalaman 838 meter tempat KRI Nanggala 402 karam di utara perairan Bali (Dokumentasi TNI AL)

7. Bagian haluan dari KRI Nanggala-402 dan masih berada di dasar laut dengan kedalaman 838 meter

7 Potret Benda dari KRI Nanggala-402 yang Ditemukan AL TiongkokBagian haluan KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter (Tangkapan layar YouTube TNI AL)
https://www.youtube.com/embed/iKJQYgllorc

Baca Juga: Tantangan Kru Kapal Selam: Tahan Stres Hingga Tak Lihat Sinar Matahari

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya