Comscore Tracker

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402

Monumen itu akan rampung dibangun tiga bulan

Jakarta, IDN Times - Tepat pada peringatan 40 hari tenggelamnya tragedi KRI Nanggala 402, TNI Angkatan Laut membangun monumen kapal selam di Markas Koarmada II Surabaya pada Kamis, 3 Juni 2021. Pembangunan monumen ini untuk mengenang tragedi yang menewaskan 53 kru kapal selam di utara Laut Bali pada 21 April 2021.

Setelah berupaya melakukan operasi pengangkatan badan kapal selam buatan Jerman itu selama satu bulan terakhir, TNI AL pada 1 Juni 2021 lalu memutuskan menghentikan operasi tersebut. Namun proses investigasi tetap terus berjalan. 

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan monumen yang akan dibangun ukurannya akan sama besarnya dengan bentuk KRI Nanggala 402.

"Besarnya satu banding satu, di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan juga para syuhada atau pahlawan yang gugur bersama KRI Nanggala 21 April lalu," ungkap Yudo, Kamis, 3 Juni 2021. 

Sementara, menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono, pembangunan monumen itu diperkirakan akan memakan waktu tiga bulan. Berikut foto-foto yang menggambarkan rancangan dan desain monumen itu. 

1. Peletakan batu pertama Monumen KRI Nanggala 402 dilakukan oleh KSAL Yudo Margon

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melakukan peletakan batu pertama Monumen KRI Nanggala 402 (Dokumentasi TNI AL)

Baca Juga: TNI AL Resmi Setop Operasi Pengangkatan Badan KRI Nanggala-402

2. Tampak desain bagian atas Monumen KRI Nanggala 402 yang ada di Markas Koarmada II Surabaya

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402Tampak atas kawasan Monumen KRI Nanggala 402 di Surabaya (Tangkapan layar IG Koarmada)

3. Desain wall of fame di mana terdapat nama 53 kru KRI Nanggala 402

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402Tampak perspektif Wall of Fame di Monumen KRI Nanggala 402 (Tangkapan layar IG Koarmada)

4. Bagian dalam Monumen KRI Nanggala 402 menjelaskan sejarah korps Hiu Kencana

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402Bagian dalam zona A di dalam Monumen KRI Nanggala 402 (Tangkapan layar IG Koarmada)

5. Di bagian dalam Monumen KRI Nanggala 402 juga dijelaskan misi apa saja yang melibatkan kapal selam itu

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402Bagian dalam zona C di dalam Monumen KRI Nanggala 402 (Tangkapan layar IG Koarmada)

6. Pengunjung juga dapat melihat di dalam monumen kronologi hilangnya KRI Nanggala 402

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402Bagian dalam zona D di dalam Monumen KRI Nanggala 402 (Tangkapan layar IG Koarmada)

7. Monumen KRI Nanggala 402 jadi pengingat tragedi serupa tak boleh lagi terjadi

7 Potret Desain Monumen untuk Kenang Tragedi KRI Nanggala 402Peresmian pembangunan Monumen KRI Nanggala 402 (Dokumentasi TNI AL)

Itulah rancangan monumen untuk mengenang prajurit kru KRI Nanggala 402 di Surabaya. Semoga monumen ini bukan sekadar bangunan biasa, tapi bisa menjadi pelajaran bangsa Indonesia ke depan.

Baca Juga: AL Tiongkok Gagal Angkat Anjungan KRI Nanggala-402 dari Dasar Laut

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya