7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19

Pidato kenegaraan hanya dihadiri 60 tamu fisik

Jakarta, IDN Times - Sidang Tahunan MPR yang digelar hari ini, Senin (16/8/2021), berjalan dengan khidmat dan tertib. Sidang yang dimulai pukul 08.30 WIB itu hanya dihadiri oleh 60 tamu yang hadir secara fisik di dalam gedung DPR. Hal tersebut tak lepas dari situasi pandemik COVID-19 di Tanah Air yang belum membaik. 

Tamu-tamu yang hadir secara terbatas itu sudah ditentukan oleh pihak MPR. Selain Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, ada pula sejumlah menteri dan pimpinan DPR. Namun, di antara mereka tak semuanya mengenakan pakaian adat, tradisi yang sudah dipertahankan sejak beberapa tahun ke belakang. 

Presiden Jokowi diketahui mengenakan pakaian adat Baduy, Banten. Ia tiba di gedung DPR mengenakan pakaian serba hitam, ikat kepala berwarna biru, dan tas jarog. Menurut Kantor Staf Presiden (KSP), mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan pakaian adat Baduy karena ingin menghormati dan memberikan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya Suku Baduy. 

Sementara, Wapres Ma'ruf mengenakan pakaian adat Suku Mandar dari Sulawesi Barat. Ketua DPR Puan Maharani memakai pakaian adat Payas Agung Bali. Sisa tamu lainnya mengenakan pakaian formal seperti kebaya dan jas. 

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar memastikan, semua tamu yang hadir di gedung DPR telah mengikuti tes swab PCR dan hasilnya negatif. Hal itu untuk memastikan tak ada penularan virus Sars-CoV-2 selama sidang tahunan berlangsung. 

Sisa tamu lainnya mengikuti sidang tahunan secara virtual. Tamu yang hadir di gedung DPR, menempati kursi bagian depan dan atas. Sehingga area sidang paripurna terlihat kosong dan sepi. 

Rangkaian acara sidang tahunan pun dibuat lebih singkat. Pukul 12.00 WIB semua kegiatan sudah selesai. 

Berikut sejumlah foto yang menampilkan sidang tahunan MPR 2021 yang terasa sederhana dan jauh dari kemeriahan, karena penularan virus Sars-CoV-2 di Tanah Air masih tinggi. 

1. Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin mengikuti Sidang Tahunan. Ini merupakan sidang tahunan kedua yang dilangsungkan di masa pandemik COVID-19, tidak ada kontak fisik

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kiri), memberi salam kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) pada sidang tahunan MPR pada Senin, 16 Agustus 2021. (ANTARA FOTO/HO/Humas MPR)

Baca Juga: [BREAKING] Alasan Jokowi Pakai Baju Adat Baduy: Simpel dan Nyaman Dipakai

2. Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy, Banten, sedangkan Wapres Ma'ruf memakai pakaian adat Suku Mandar dari Sulawesi Barat

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wapres Ma'ruf Amin (tengah) dan Ketua DPR Puan Maharani (kiri) memasuki ruangan Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 16 Agustus 2021. (ANTARA FOTO/Sopian/Pool)

3. Foto bersama Presiden dan Wapres dilakukan dengan jarak. Sepanjang waktu tetap memakai masker

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan), Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kiri) dan para pimpinan MPR, DPR dan DPD saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin 16 Agustus 2021. (ANTARA FOTO/HO/Biro Pemberitaan Parlemen)

4. Suasana gedung DPR terlihat sepi saat digelar Sidang Tahunan MPR 2021

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Suasana Kompleks Parlemen Senayan saat berlangsungnya Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Jakarta, Senin, 16 Agustus 2021. (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

5. Di dalam gedung DPR pun suasana pidato kenegaraan juga sepi. Mayoritas tamu mengikuti secara virtual

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Suasana di dalam gedung DPR ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo membacakan pidato kenegaraan (ANTARA FOTO/Sopian/Pool)

6. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir dan duduk di lantai atas. Mereka hadir tanpa mengenakan pakaian adat

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Sejumlah Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin ikut hadir di gedung DPR pada Senin, 16 Agustus 2021. (Tangkapan layar YouTube DPR)

7. Sejumlah tamu yang hadir duduk di barisan depan. Sebagian terlihat sibuk memantau ponselnya

7 Potret Pidato Kenegaraan, Minim Tamu dan Sederhana karena COVID-19Tamu yang hadir dalam sidang tahunan MPR hanya menempati barisan depan (Tangkapan layar YouTube DPR)

Baca Juga: [BREAKING] Ketua MPR Bamsoet: MPR Bakal Lakukan Amandemen Terbatas UUD 1945

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya