Akhirnya! Kaesang Pangarep Lulus Sarjana dari Kampus Singapura

Wisuda Kaesang turut dihadiri oleh Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Akhirnya putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep berhasil meraih gelar sarjana. Ia diwisuda pada Rabu (9/10) dari kampus Singapore University of Social Sciences (SUSS). 

Informasi soal kelulusannya itu disampaikan oleh Kaesang di akun media sosialnya. Ia nampak begitu gembira akhirnya bisa meraih gelar sarjana. 

Wisuda Kaesang itu turut dihadiri oleh sang ayah, Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang kebetulan memang tengah melakukan kunjungan kerja di Negeri Singa. Lalu, bagaimana kesan Kaesang usai ia akhirnya berhasil meraih gelar sarjana? Siap kah Kaesang mengelola bisnis kuliner milik sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, yang pada tahun depan akan fokus ikut pemilihan Wali Kota Solo?

1. Wisuda Kaesang turut dihadiri oleh Presiden Jokowi

Akhirnya! Kaesang Pangarep Lulus Sarjana dari Kampus Singapura(Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menghadiri wisuda Kaesang) Lauren Choo/www.mothership.sg

Dilansir dari situs Mothersip Singapore edisi hari ini, terlihat Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Iriana duduk di bangku terdepan menyaksikan putra bungsunya diwisuda. Bahkan, acara wisuda itu turut dibuka oleh Presiden perempuan pertama Singapura, Halimah Yacob. Ada pula Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye Kung yang ikut hadir dalam acara wisuda pada pagi tadi yang dimulai sekitar pukul 09:30 WIB. 

Kedua pemimpin sempat berbincang sebelum menyaksikan Kaesang diwisuda. Mereka sepakat untuk memperkuat hubungan kedua negara yang sudah begitu baik. Jokowi turut menyambut baik upaya kedua negara untuk terus memperkuat hubungan bilateral baik di bidang perdagangan dan investasi, pembangunan SDM, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut menyambut rencana kunjungan Halimah ke Indonesia pada tahun 2020. 

Baca Juga: 12 Hal yang Bisa Kamu Petik dari Kekompakan Gibran, Kaesang, Kahiyang

2. Di hari wisudanya Kaesang turut diberi penghargaan oleh pihak kampus lho!

Akhirnya! Kaesang Pangarep Lulus Sarjana dari Kampus SingapuraTwitter.com/kaesangp

Di hari wisudanya, pihak kampus ternyata turut memberikan Kaesang penghargaan. Penghargaan itu diberi nama Executive Management Programme Alumni Entrepreneurship Award, yang dianugerahkan kepada alumni kampus SSU yang memiliki semangat wirausaha tinggi. 

Penghargaan itu memang dinilai tepat. Sebab, selama berada di Tanah Air, Kaesang turut mengekor sang kakak, Gibran untuk berbisnis di bidang kuliner. IDN Times mencatat setidaknya ada enam produk yang kini tengah dipasarkan oleh Kaesang yakni Sang Pisang (franchise makanan), Madhang.id (aplikasi pemesanan makanan), Kaetering (aplikasi restoran), Hompimpagames (permainan papan), Ternakopi (kopi susu) dan Sang Javas (kaos). 

Kampus SUSS menilai usaha yang dirintis oleh Kaesang memberikan dampak kepada masyarakat. Penghargaan itu diberikaan oleh SUSS hanya kepada tiga alumninya, termasuk Kaesang. 

Ia juga dinilai memiliki pengaruh di media sosial karena banyaknya para pengikut. Di akun Instagram saja, Kaesang memiliki 1,6 juta followers. Sedangkan di Twitter, ada 1,2 juta followers

3. Kaesang akan meneruskan bisnis kuliner Gibran?

Akhirnya! Kaesang Pangarep Lulus Sarjana dari Kampus SingapuraANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Namun, mulai tahun depan Kaesang diperkirakan akan lebih sibuk. Sebab, ia akan diberi kepercayaan untuk mengelola usaha kuliner milik sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Jokowi itu pada 2020 mendatang hendak terjun ke dunia politik dengan mengikuti Pilkada di Solo sebagai Wali Kota. 

Gibran sesungguhnya sudah memberi petunjuk, usahanya tidak akan ia abaikan di saat dirinya fokus di dunia politik. 

"Ya, kalau yang namanya bisnis kan bisa dijalankan oleh orang lain. Sekarang kan Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan (usaha kuliner) ke Kaesang. Kan sebentar lagi dia lulus," ujar Gibran pada Minggu (6/10) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. 

Baca Juga: Gibran Tinggalkan Usahanya Demi Terjun ke Politik

Topik:

Berita Terkini Lainnya