Aksi Jokowi Naik Moge Bernuansa Politik? Ini Penjelasan Whisnutama

Proses syutingnya hanya memakan waktu satu hari

Jakarta, IDN Times - Executive Creative Director Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018 Whisnutama menjelaskan bagaimana proses kreatif adegan naik motor gede alias moge Presiden Joko 'Jokowi' Widodo bisa terjadi.

Whisnutama mengaku ide tersebut pertama kali datang dari dirinya. Kemudian, pria berusia 42 tahun itu langsung mendiskusikan dengan Jokowi.

"Soal video, pertama kali yang mengusulkan ya ke orang yang mau divideoin (Jokowi)," ujar Whisnutama ketika menggelar jumpa pers di area Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu malam (18/8).

CEO NET TV itu sukses menggelar upacara pembukaan Asian Games 2018 dan dipuji penonton di dalam maupun luar negeri. Adegan Jokowi menunggangi moge itu pun menjadi trending di Korea Selatan.

Lalu, kenapa harus ada adegan Jokowi menunggangi moge? Berikut penjelasannya dari Whisnutama.

1. Jokowi sejak awal sudah dikonsep memang bagian dari entertainment

Aksi Jokowi Naik Moge Bernuansa Politik? Ini Penjelasan Whisnutama(Presiden Jokowi yang menggunakan stuntmant tengah beraksi) Screen shot dari NET TV

Proses syuting pembuatan video upacara pembukaan Asian Games 2018 benar-benar melibatkan Jokowi dan Paspampres. Proses syutingnya hanya memakan waktu satu hari, itu pun waktunya sudah mepet.

Whisnutama menjelaskan sejak awal memang sudah menyodorkan ide Jokowi akan menjadi bagian dari entertainment acara. Walau pun dilakukan pada waktu yang mepet dan ia bertindak sebagai kepala negara, Whisnutama mengakui Jokowi sangat kreatif. Ia mengikuti betul setiap arahan yang diberikan.

"Jadi, prinsipnya karena Bapak adalah bagian dari entertainment, ya kami gak ada misi apa pun dalam hal ini. Cuma sekadar bagian dari entertainment. Saya mengatakan 'gini Pak, kira-kira mau gak? Jadi gitu. Gak ada pesan apa pun, ini murni konsep kreatif, titik," kata Whisnutama.

Di dalam video upacara pembukaan Asian Games 2018, Jokowi akhirnya memilih naik moge gara-gara terjebak di kemacetan Ibu Kota. Sementara, upacara pembukaan Asian Games 2018 yang dihadiri lebih dari 45 ribu orang segera dimulai.

Supaya terlihat lebih seru, mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut menampilkan aksi akrobat seperti melompati sebuah mobil dan melewati gang-gang kecil, untuk mempercepat agar tiba di Stadion Gelora Bung Karno.

Baca Juga: Jokowi Naik Moge ke Asian Games, Kaesang Beri Tanggapan Nyeleneh

2. Whisnutama membantah konsep video diselipkan pesan kampanye politik

Aksi Jokowi Naik Moge Bernuansa Politik? Ini Penjelasan Whisnutama(Whisnutama (pojok kiri) bersama dengan orang-orang hebat di belakang layar upacara pembukaan Asian Games 2018) www.instagram.com@whisnutama

Namanya juga jelang tahun politik, kata Whisnu, maka semua hal yang terkait Jokowi akan dihubung-hubungkan pada isu kampanye dan pencitraan. Termasuk video yang dibuat Whisnutama dan timnya.

Oleh sebab itu, ia membantah, kalau video tersebut sebagai pesan kampanye terselubung untuk menaikan elektabilitas Jokowi jelang Pilpres 2019.

"Ini gak ada hubungannya dengan kampanye, ya. Saya gak tertarik politik. Ini emang karena dia (Jokowi) orangnya asyik dan santai. Jadi, kami ngobrolin berbagai ide, sehingga bisa mengeksplor segala hal," kata Whisnutama, lagi.

Ia mengaku kecewa kalau proses kreatif yang telah dilakukan bersama timnya malah dikaitkan dengan politik. Apalagi, ia mengaku tidak begitu tertarik dengan bidang politik.

"Orang memang suka nambahin yang gak-gak. Kalau saya sih capek, ya. Karena saya orang kreatif, jadi fokusnya ya cuma satu: bisa bikin sesuatu yang kreatif, yang menyenangkan, titik. Kalau dikaitkan ke politik ya saya sudah pasti bete, karena gak ada kepentingan ke situ juga," kata dia.

Ia juga mengaku sempat berdiskusi hanya berdua dengan Jokowi. Sehingga, mantan Direktur Trans TV itu sempat mengaku terkejut.

"Saya sempat dipanggil khusus dan ngobrol berdua, gitu. Ini tidak mudah ya, karena saya yang mengusulkan, jadi ini surprise untuk saya," tutur Whisnutama.

3. Panggung untuk upacara pembukaan Asian Games 2018 sudah dibongkar

Aksi Jokowi Naik Moge Bernuansa Politik? Ini Penjelasan Whisnutama(Panggung untuk upacara pembukaan Asian Games 2018) ANTARA FOTO/INASGOC/Jessica Margaretha

Pada saat publik masih terperangah dan belum bisa move on dari kemegahan upacara pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung pada Sabtu malam, Whisnutama dan timnya justru sudah sibuk membongkar panggung yang menggambarkan keindahan alam Indonesia. Panggung itu ditata menyerupai gunung, laut, dan persawahan.

Hal itu disampaikan oleh Whisnutama melalui akun media sosialnya. Panggung dengan panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter itu memiliki berat hingga 600 ton.

Whisnutama menyebutkan area Stadion Gelora Bung Karno segera digunakan untuk kegiatan lain, karena itu harus lekas dibongkar. Belum lagi mereka juga akan menyiapkan upacara penutupan Asian Games 2018 pada September.

Baca Juga: Ini Sosok Stuntman Jokowi di Video Asian Games yang Lagi Viral

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya