Ini Alasan Anies Baswedan Setuju Danai Ratna ke Chile 

Ratna didanai karena ia seorang seniman

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akhirnya menjelaskan alasan Pemprov menyetujui untuk memberikan dana sponsor bagi mantan anggota tim pemenangan paslon nomor urut 2, Ratna Sarumpaet. Menurut dia, pemberian dana sponsor bagi Ratna merupakan sesuatu yang wajar. Sebab, Ratna adalah seorang seniman. 

"Kami memberikan fasilitas dukungan itu, karena yang bersangkutan pernah menjadi Ketua Dewan Kesenian di DKI Jakarta. Jadi, ini proses biasa," ujar Anies yang ditemui di area Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat (5/10). 

Menurut dia, pengajuan sponsor bagi Ratna menjadi ramai dan pusat perhatian karena ia baru saja dicegah ke luar negeri. Lalu, apa lagi komentar Anies? 

1. Pemprov DKI biasa memberikan dana sponsor kepada para seniman

Ini Alasan Anies Baswedan Setuju Danai Ratna ke Chile IDN Times/Victor Raditia

Menurut Anies, tidak ada yang spesial dari pemberian dana sponsor bagi Ratna Sarumpaet. Hal tersebut juga pernah mereka lakukan bagi seniman-seniman lainnya. 

"Ini karena kebetulan ada cekal jadi ramai. Selebihnya, enggak ada bedanya. Yang terjadi (pemberian dana sponsor) juga terjadi pada banyak seniman, para pekerja seni di DKI," ujar Anies pada pagi tadi. 

Baca Juga: Begini Isi Surat Pengajuan Dana Sponsor Ratna Sarumpaet ke Chile

2. Pemprov DKI juga sudah pernah mensponsori kegiatan seni di tingkat internasional

Ini Alasan Anies Baswedan Setuju Danai Ratna ke Chile indonesiaimages.net

Anies membantah mereka telah mengistimewakan Ratna Sarumpaet. Menurutnya, yang mendapat pendanaan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta tidak hanya Ratna, tetapi juga seniman lainnya. 

"Apa pun yang ditampilkan di seni itu baik-baik saja. Ini karena ada kejadian cekal (cegah ke luar negeri) saja makanya jadi ramai. Kalau enggak (ada peristiwa cegah ke luar negeri), Anda juga enggak akan tanya dan ratusan orang biasa saja," tutur dia. 

 

3. Ratna mendapat dana sponsor dari Pemprov DKI sebesar Rp 60 juta - Rp 70 juta

Ini Alasan Anies Baswedan Setuju Danai Ratna ke Chile (Ratna Sarumpaet tiba di Polda Metro Jaya) ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI, Asiantoro, Ratna telah mengajukan surat permohonan dana sponsor sejak Januari lalu. Sehingga, tidak mungkin Ratna bisa mengajukannya secara mendadak. 

Begitu menerima surat dari Ratna, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian membuat disposisi dan memberikan instruksi agar surat tersebut ditindak lanjuti oleh Dinas Pariwisata. 

Lalu, berapa banyak dana yang diberikan untuk keberangkatan Ratna ke Chile? 

"Sekitar Rp 60 (juta) - Rp 70 (juta) lah. Itu untuk biaya pulang pergi. Tiket, uang saku dan hotel," kata Asiantoro. 

Ia menjelaskan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI bersedia memberikan sponsor bagi Ratna karena ia memiliki keahlian di bidang seni. Ia pergi ke Chile untuk mengikuti konferensi "The 11th Women Playwrights International Conference 2018" di Santiago. Sayangnya, sebelum berangkat, ia sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong dan dicegah bepergian ke luar negeri selama 20 hari sejak Kamis (4/10). 

Baca Juga: Begini Isi Surat Pengajuan Dana Sponsor Ratna Sarumpaet ke Chile

Topik:

Berita Terkini Lainnya