Anggota TNI AD Tangkap Kurir Narkoba Ganja 3 Kilogram di Bogor

Babinsa sempat terseret 10 meter saat hendak tangkap pelaku

Jakarta, IDN Times - Anggota Babinsa dari Koramil 0621-01/Cibinong, Sersan Kepala Sunardi, berhasil mengamankan paket ganja seberat tiga kilogram yang hendak diambil oleh pelaku. Ganja tersebut dibungkus dalam tiga paket berbeda dan dilapisi lakban cokelat. Serka Sunardi juga berhasil menangkap kurir narkoba ganja berinisial NM.

Dikutip dari keterangan tertulis Kodam Bogor di media sosial, peristiwa itu bermula ketika Ketua RT 01/03 Kelurahan Harapan Jaya, Ahmadi, menghubungi Babinsa. Ia mengaku curiga karena sudah tiga kali warungnya dititipi barang mencurigakan dari pihak ekspedisi. Di paket itu tidak tercantum alamat penerima. 

"Ketua RT curiga adanya penitipan barang di warung ubi cilembu sebanyak tiga kali," ungkap Sunardi seperti dikutip dari media sosial, Kamis (17/3/2023). 

Ia lalu mendatangi warung itu bersama Babinkamtibmas. Ketika tiba di sana, paket mencurigakan itu diambil oleh driver ojek daring. 

"Kami buntuti ojek online-nya. Di TKP (Tempat Kejadian Perkara) ternyata ada dua orang di pinggir jalan yang sedang menunggu," kata dia. 

Sunardi lalu menghampiri dua orang tersebut. Ia ingin menanyakan kepentingan dua orang itu. Namun, kedua orang yang mencurigakan itu malah berupaya kabur dengan sepeda motor. 

1. Serka Sunardi sempat terseret 10 meter saat hendak tangkap bandar narkoba

Anggota TNI AD Tangkap Kurir Narkoba Ganja 3 Kilogram di BogorIlustrasi daun ganja. (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, ketika didekati, kedua orang mencurigakan yang diduga kurir narkoba berupaya kabur dengan sepeda motor. Serka Sunardi sempat merangkul salah satu dari kurir itu. Namun yang terjadi, ia justru sempat terseret motor sejauh 10 meter. 

"Sepeda motor pelaku jatuh dan kemudian Babinsa berteriak rampok sehingga menarik perhatian warga. Mereka langsung membantu Babinsa menangkap pelaku. Tetapi, satu orang berhasil melarikan diri," ungkap Sunardi. 

Baca Juga: Bawa 20 Kg Sabu, Dua Prajurit TNI AD di Kalbar Ditangkap

2. Kurir yang tertangkap diperintah ambil paket ganja dengan imbalan duit Rp4 juta

Anggota TNI AD Tangkap Kurir Narkoba Ganja 3 Kilogram di Bogorilustrasi borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Serka Sunardi, NM diperintahkan seseorang untuk mengambil paket ganja. "Imbalannya setiap pengambilan sebesar Rp4 juta. Barang bukti yang kami dapat 3 kilogram ganja," kata Sunardi. 

Ia kemudian melaporkan penangkapan kurir narkoba tersebut kepada Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandaran. "Pak Dandim sudah menyerahkan pelaku dan barang bukti ke Polres Bogor," tutur dia. 

3. Dandim Bogor apresiasi anggotanya tangkap kurir narkoba

Anggota TNI AD Tangkap Kurir Narkoba Ganja 3 Kilogram di Bogor

Sementara, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandaran mengaku bangga, karena anak buahnya berhasil menjalankan perintah yang pernah disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman agar menjauhi narkoba. 

"Malam ini dibuktikan oleh anggota saya bahwa narkoba adalah barang haram. Malam ini juga Serka Sunardi telah menangkap pengedar narkoba dengan barang bukti 3 kilogram ganja. Barang bukti itu didapatkan dari pengedar narkoba tersebut," kata Letkol Kav Gan Gan. 

Baca Juga: Dua Prajurit TNI AD Terlibat Perampokan ATM, Bawa Kabur Rp100 Juta

Topik:

  • Sunariyah
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya