Ayah Siap Wakili Wisuda Brigadir J di UT 23 Agustus

Brigadir J bercita-cita jadi perwira Polri usai sarjana

Jakarta, IDN Times - Ayah Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Samuel Hutabarat, mengaku sudah mendengar rencana wisuda putranya yang semula bakal diikuti pada 23 Agustus 2022 di Universitas Terbuka, Jakarta.

Namun, kata Samuel, rencana itu batal terealisasi karena sang anak tewas dalam kondisi mengenaskan di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif, Irjen (Pol) Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022. Kepada IDN Times, Samuel mengaku belum memperoleh informasi apakah proses wisuda bisa diwakilkan kepada orang lain. 

"Informasi terakhirnya, almarhum akan diwisuda di Jakarta. Tapi, apakah saya akan mewakili almarhum untuk wisuda, belum ada," ungkap Samuel di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022). 

Ia pun mengaku siap terbang ke Jakarta bila diundang Universitas Terbuka (UT) agar mewakili wisuda putranya. Dikutip dari Pangkalan Data Dikti, Brigadir J tercatat sebagai mahasiswa UT sejak 2015. Ia mengambil program sarjana hukum dan lulus pada April 2022. 

Di tengah kesibukannya sebagai anggota kepolisian, Brigadir J berhasil lulus dengan IPK 3,28 dengan predikat sangat memuaskan. Sebelumnya, Brigadir J merupakan lulusan Bintara Polisi dengan menempuh pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Jambi pada 2012. Lulus dari Bintara membuat Brigadir J memilih bergabung ke korps Brigade Mobil (Brimob). 

Apa rencana Brigadir J ketika masih hidup usai ia berhasil meraih gelar sarjana?

1. Brigadir J ingin menjadi perwira tinggi Polri usai diwisuda

Ayah Siap Wakili Wisuda Brigadir J di UT 23 AgustusPotret Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. (facebook.com/rohani7131)

Samuel mengisahkan usai lulus, Brigadir J berencana menjadi perwira tinggi di kepolisian. Sebab, untuk bisa meraih jenjang karier itu, ia harus mengantongi gelar sarjana. 

"Rencana ya, angan-angan dia setelah lulus wisuda mau mencoba masuk perwira (tinggi kepolisian). Ya, kalau Tuhan izinkan memang Yosua mau menikah tahun depan," ujarnya. 

Samuel mengaku sudah kenal dengan calon istri Brigadir J, Vera Simanjuntak, lantaran ia sudah berpacaran selama delapan tahun. 

"Jadi, setelah dilantik dan bertugas jadi anggota Brimob, almarhum bertugas di Bangko Merangin. Di sanalah mereka berkenalan. Hubungan mereka terus terjalin walaupun almarhum bertugas di beberapa daerah," kata dia. 

Baca Juga: Brigadir J Rencananya Diwisuda 23 Agustus Sebagai Sarjana Hukum

2. Brigadir J kabarkan secara mendadak ke keluarga telah ditunjuk jadi ajudan pada 2019

Ayah Siap Wakili Wisuda Brigadir J di UT 23 AgustusKadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo bersama Brigpol J atau Nopryansah Yosua Hutabarat. (Foto: Istimewa)

Samuel juga mengisahkan kembali Brigadir J mulai bertugas di Jakarta pada 2019. Sebelumnya, ia bertugas di Brimob Polda Jambi.

Keluarga dikabarkan secara mendadak oleh Brigadir J. Namun, Samuel tidak tahu bila Brigadir J dipilih langsung oleh Irjen Ferdy Sambo untuk bertugas menjadi ajudan. 

"Kalau itu (dipilih oleh Ferdy Sambo) saya tidak tahu. Awalnya dia bertugas di Brimob Jambi. Yang kami tahu dia mengabarkan bahwa dia terpilih menjadi ajudan diberangkatkan ke Mabes Polri. Ditugaskannya di rumah Pak Ferdy Sambo. Prosesnya di Jambi kami tidak tahu," kata dia. 

Samuel menyebut selama bertugas menjadi anggota Brimob, Brigadir J bermukim di ibu kota Jambi. Sementara, kedua orang tuanya tinggal di Kabupaten Sungai Bahar. 

3. Keluarga berharap pengusutan kematian Brigadir J bisa lebih cepat

Ayah Siap Wakili Wisuda Brigadir J di UT 23 AgustusAyah Brigadir J, Samuel Hutabarat (baju kotak-kotak lengan pendek) (IDN Times/Ilman Nafian)

Lebih lanjut, Samuel mengaku akan bersabar menunggu sampai ada titik terang pengusutan kematian putranya. Meski sudah memasuki hari ke-25, belum ada satu pun tersangka yang diumumkan oleh kepolisian. 

"Kami hanya berharap agar (kasusnya diusut) lebih cepat. Kalau pun kami ingin menuntut ya mau nuntut apa," kata dia, pasrah. 

Samuel mengatakan meski putranya sudah bekerja selama hampir tiga tahun, namun mereka belum pernah berkunjung ke rumah Ferdy Sambo. Keluarga Kadiv Propam nonaktif itu pun tak mengontak Samuel di Jambi usai Brigadir J tewas di rumah dinasnya. 

"Almarhum jarang bercerita soal pekerjaannya. Mungkin karena tidak ingin membebani orangtua. Kalau saya tanya 'gimana kerjaan, Bang?' selalu dijawab 'baik'. Keluarga Pak Sambo baik," tutur dia. 

Baca Juga: Mahfud: Presiden Jokowi Minta Kasus Brigadir J Dibuka Sejujur-jujurnya

https://www.youtube.com/embed/ZQyetNRRxEs

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya