Bandara Hong Kong Sudah Dibuka, Gimana Nasib 47 Atlet Renang DKI?

Mereka dijadwalkan meninggalkan Hong Kong Selasa malam

Jakarta, IDN Times - Usai sempat ditutup sekitar 12 jam, Bandara Internasional Hong Kong kembali beroperasi pada Selasa pagi (13/8). Namun, menurut laporan stasiun berita Channel News Asia (CNA) edisi hari ini, ratusan penerbangan masih tercatat dibatalkan. 

Sejak pagi tadi, calon penumpang sudah memasukan barang bawaan mereka di area keberangkatan. Namun, di papan informasi masih menunjukkan ada pesawat yang kembali dibatalkan keberangkatannya atau segera lepas landas. 

Sementara, di sisi lain, aksi unjuk rasa diprediksi masih terus berlanjut hingga hari ini. Sebab, para aktivis kembali menyerukan untuk kembali berdemonstrasi pada siang ini. 

"Bandara Internasional Hong Kong akan menerapkan penjadwalan penerbangan kembali pada hari ini, sebab, penerbangan diprediksi akan kembali terdampak," demikian notifikasi yang tertulis di ponsel dari manajemen bandara pada hari ini. 

Lalu, bagaimana dengan nasib 47 atlet renang asal DKI Jakarta yang ikut terjebak di Bandara Hong Kong?

1. 47 atlet renang DKI dijadwalkan kembali ke Tanah Air malam ini

Bandara Hong Kong Sudah Dibuka, Gimana Nasib 47 Atlet Renang DKI?(Ilustrasi Bandara Hong Kong) www.twitter.com/@hkairport

Menurut Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Mandala Purba, rencananya 47 atlet renang itu akan kembali dengan maskapai Cathay Pacific pada Selasa malam.

"Jadwal mereka (menumpang) CX jam 19:00 waktu setempat. Sesi jadwal yang kami terima dari CX (Cathay Pacific)," ujar Mandala kepada IDN Times melalui pesan pendek pada siang ini. 

Semula, mereka dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada Senin malam kemarin. Namun, semua penerbangan dibatalkan akibat para demonstran ikut mengepung Bandara Internasional Hong Kong. 

Baca Juga: Menlu Retno: 47 Atlet Renang DKI Terjebak di Bandara Hong Kong

2. Di dalam rombongan atlet itu ada perenang nasional I Gede Siman Sudartawa dan Gagarin Nathaniel Yus

Bandara Hong Kong Sudah Dibuka, Gimana Nasib 47 Atlet Renang DKI?(Atlet renang putra I Gede Siman Sudartawa) INASGOC/ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Menurut laporan kantor berita Antara, Siman dan Gagarin mengikuti kejuaraan Hong Kong Open Swimming Championship pada 9-11 Agustus. Mereka terdiri dari PON DKI, PPLM dan perenang Bali. 

Merujuk ke informasi di Instagram PBPRSI, tim dari KJRI Hong Kong langsung turun tangan untuk membantu. 

"Di antaranya dengan menyiapkan makan malam (karena semua restoran bandara tutup). Lalu dicarikan penginapan oleh KJRI," demikian ujar PBPRSI di akun tersebut. 

3. KJRI mengimbau agar WNI yang hendak keluar dari Hong Kong segera hubungi maskapai penerbangan

Bandara Hong Kong Sudah Dibuka, Gimana Nasib 47 Atlet Renang DKI?ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato

Sementara, di akun resmi media sosial KJRI Hong Kong, mereka mengimbau bagi WNI yang memiliki rencana meninggalkan kota administratif itu agar segera menghubungi agen perjalanan atau maskapai yang akan ditumpangi. Kemudian, mereka juga meminta agar WNI memonitor perkembangan status jadwal penerbangan melalui situs resmi antara lain website resmi Bandara Hong Kong. 

"Informasi yang diterima, saat ini transportasi dari dan menuju ke bandara menuju ke Hong Kong juga mengalami gangguan. Untuk itu, kepada WNI yang sedang berada di bandara disarankan tetap tenang dan menunggu hingga moda transportasi berjalan kembali," demikian isi imbauan KJRI Hong Kong pada Senin kemarin. 

Pihak KJRI juga mewanti-wanti kepada WNI agar tidak berada dekat dengan titik lokasi demonstrasi di Hong Kong. 

"Selain itu, tidak juga ikut bergabung (aksi demonstrasi)," kata mereka. 

Apabila kamu termasuk salah satu yang terjebak di Bandara Internasional Hong Kong atau membutuhkan bantuan dari KJRI, maka bisa menghubungi ke nomor hotline berikut +852 6894 2799 / +852 6773 0466 / +852 5294 4184

"KJRI Hong Kong siap membantu," demikian kata mereka. 

Baca Juga: 4 Fakta Mengapa Demonstrasi Besar Masih Terjadi di Hong Kong

Topik:

Berita Terkini Lainnya