Comscore Tracker

Beda dengan Rizal Ramli, Ekonom INDEF Bakal Hadir di Resepsi Kaesang

Didik menghormati sikap Jokowi yang hadir di acara INDEF

Jakarta, IDN Times - Ekonom senior dari INDEF, Didik J. Rachbini mengungkap bahwa ia ikut diundang oleh Istana untuk hadir di resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep. Resepsi bakal digelar di Pura Mangkunegaran, Solo pada Minggu, (11/12/2022). 

Didik pun memilih hadir dalam resepsi pernikahan tersebut. Sikapnya berbeda dengan langkah yang diambil oleh mantan Menteri Kemaritiman, Rizal Ramli yang memilih absen di hari bahagia Kaesang dan Erina Sofia Gudono itu. 

"Undangan sudah saya terima sejak Jumat pekan lalu," ungkap Didik kepada IDN Times melalui pesan pendek pada (2/12/2022). 

Lebih lanjut, Didik mengatakan memilih hadir sebagai bentuk rasa hormat kepada Presiden Jokowi yang telah mengundang. "Saya ingin menghormati niat baik presiden yang mengundang ekonom dan tokoh-tokoh di luar pemerintahan," tutur dia. 

Selain itu, kata Didik, Jokowi tak pernah absen ketika empat kali memenuhi undangannya dan INDEF. Pada periode 2016 hingga 2022, INDEF, kata Didik, selalu mengadakan sarasehan atau pertemuan forum 100 ekonom. 

"Presiden tidak pernah absen menghadiri undangan yang saya kirim dan saya tanda tangani langsung untuk hadir dalam sarasehan 100 ekonom tersebut," katanya lagi. 

Pria yang juga Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan sebaiknya permasalahan sikap kritis kepada pemerintah dibedakan dengan hubungan sosial kemanusiaan. Apa maksud pernyataan Didik tersebut?

1. Didik akan tetap kritisi kebijakan ekonomi pemerintah

Beda dengan Rizal Ramli, Ekonom INDEF Bakal Hadir di Resepsi KaesangBiografi Didik J Rachbini

Dalam pandangan Didik, Jokowi sering mengundang tokoh-tokoh yang kritis terhadap pemerintah, termasuk dirinya. Menurutnya, sikap kritis bukan berarti menandakan tidak suka terhadap pemerintah yang sedang berkuasa. 

"Tetapi, ini merupakan tanggung jawab intelektual ekonom terhadap perjalanan bangsa dan masa depan demokrasi, yang masih seumur jagung. Saya jadi lebih kritis lagi karena proses demokrasi dan check and balance tidak berjalan," kata Didik. 

Ia menilai proses check and balance itu tumpul sejak pemerintahan Jokowi kini didukung oleh 82 persen fraksi di parlemen. "Alhasil, DPR menjadi banci (kritik)," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Diundang Istana Hadir ke Pernikahan Kaesang, Rizal Ramli Pilih Absen

2. Hubungan sosial kemanusiaan tidak bisa dicampur dengan sikap kritis

Beda dengan Rizal Ramli, Ekonom INDEF Bakal Hadir di Resepsi KaesangUndangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada 11 Desember 2022. (Dokumentasi Istimewa)

Lebih lanjut, Didik mengatakan dalam hidup, hubungan sosial kemanusiaan dan sikap kritis tidak perlu dicampur adukan. Kedua hal tersebut sangat bisa dibedakan. 

"Saya merasa wajib memenuhi undangan karena merupakan niat baik dalam menjalin hubungan sosial sebagaimana biasanya. Apalagi seperti yang saya sebut tadi, Presiden Jokowi selalu memenuhi undangan sata dan rekan-rekan INDEF sejak sarasehan 100 ekonom pertama pada 2016 lalu," kata Didik. 

Ia menambahkan pada Agustus 2022 lalu, Istana turut mengundang dirinya dan 19 ekonom lainnya ke Istana. Undangan tersebut, kata Didik, diterima 10 jam sebelum hari H. 

"Saya baru saja tiba 3 jam di Yogyakarta dan memilih kembali lagi ke Jakarta. Namun, karena PCR terbit terlambat dua jam, akhirnya saya keluar dari parkir Istana dan kembali ke rumah," ujarnya lagi. 

Didik pun mendoakan acara resepsi Kaesang dan Erina pada 11 Desember 2022 berjalan lancar. "Semoga kedua mempelai akan menjadi suami isteri yang mendapatkan karunia dari Allah SWT," tutur dia. 

3. Kaesang dan Erina jalani proses siraman di kediaman masing-masing

Beda dengan Rizal Ramli, Ekonom INDEF Bakal Hadir di Resepsi KaesangProsesi siraman Kaesang Pangarep. (Dok/ Laily Rachev)

Sementara, pada hari ini, kedua mempelai sudah menjalani proses siraman di kediaman pribadi masing-masing. Presiden Jokowi terlihat hadir untuk mengikuti prosesi siraman bagi anak bungsunya itu. 

Usai mengelar prosesi siraman, Jokowi mengungkapkan putra bungsunya Kaesang Pangarep ikut menangis saat prosesi momen sakral siraman.

"Nangis, nangis, nangis," ujar Jokowi pada Jumat, (9/12/2022).

Istri Jokowi, Iriana pun tak bisa menahan haru ketika melepas anak bungsunya. "Tadi ibu Iriana dulu yang nangis, makanya ikut nangis," tutur dia. 

Baca Juga: Prosesi Siraman, Jokowi: Ibu Iriana dan Kaesang Menangis

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya