Begini Isi Surat Pengajuan Dana Sponsor Ratna Sarumpaet ke Chile

Panitia hanya menanggung biaya makan siang dan snack

Jakarta, IDN Times - Mantan anggota tim pemenangan, Ratna Sarumpaet dicegah di imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis malam (4/10) saat hendak meninggalkan Indonesia. Ratna mengaku hendak berangkat ke Chile karena diundang sebagai salah satu pembicara di acara bertajuk "The 11th Women Playwrights International Conference 2018" di Santiago, Chile. Acara tersebut merupakan undangan dari organisasi non-profit Women Playwright International (WPI). 

Di dalam surat undangan yang disampaikan oleh WPI pada 17 Oktober 2017 lalu, sudah disampaikan mereka tidak bisa menanggung biaya perjalanan dan akomodasi Ratna selama berada di Chile. Oleh sebab itu, para peserta diharapkan bisa membiayai sendiri keberangkatannya. 

Ratna kemudian mengajukan surat yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Januari 2018. Harapannya, Pemprov DKI bersedia mendanai keberadaannya selama lima hari di Chile. 

Surat itu kemudian direspons oleh Anies dan diberikan disposisi agar keberangkatan Ratna difasilitasi. Lalu, bagaimana isi surat permohonan pengajuan dukungan dana kepada Anies?

1. Ratna menyebut kepada Anies, anggota kongres Women Playrights yang membantu saat ia dipenjara

Begini Isi Surat Pengajuan Dana Sponsor Ratna Sarumpaet ke ChileTribun news.com

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar), Asiantoro, tidak menampik keberangkatan Ratna atas dukungan dana dari pihak mereka. Namun, hal tersebut didasari alasan Ratna adalah warga DKI yang berprestasi di bidang seni. 

"Dalam surat perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpet menjelaskan kegiatan itu adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai anggota senior di kongres itu," ujar Asiantoro melalui keterangan tertulis pada Kamis malam. 

Di dalam surat undangan yang diterima oleh Ratna, panitia mengundang mantan aktris itu sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalaman kepada peserta. 

"Surat permohonan diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018. Surat itu, kemudian didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” kata dia lagi. 

Berikut isi lengkap surat permohonan pengajuan dana sponsor yang ditulis kepada Anies: 

Jakarta, 31 Januari 2018

Kepada Yth:

Gubernur DKI Jakarta,

Anies Baswedan

Hal: Permohonan Sponsor

Dengan hormat,

Semoga dalam menjalanakn tugas Bapak sebagau pimpinan pemerintah di DKI Jakarta, Bapak selalu dalam keadaan sehat, baik pikiran, maupun jasmani.

Bersama surat ini saya melampirkan sebuah surat undangan (untuk saya) dari "The 11th Women Playwrights International Conference 2018" di Santiago, Chile. Women Playwrights International Conference adalah kongres tiga tahunan yang digelar secara bergantian di berbagai negara. Saya salah satu anggota senior di kongres ini. Pada tahun 1997, ketika saya dipenjara rezim orba, para anggota conference inilah yang secara internasional menggerakan terkanan pada Presiden Soeharto untuk membebaskan saya.

Bapak Anies yang saya hormati. Ketika saya memimpin Dewan Kesenian Jakarta, menyadari langkanya "perempuan penulis drama" di Indonesia, saya memperjuangkan hadirnya kongres ini di Indonesia dan berhasil. Bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2007 "The 7th Women Playwrights International Conference" berhasil dilangsungkan di Indonesia (Jakarta & Bali). Itu mungkin yang mendorong saya memberanikan meminta kesediaan Bapak mempertimbangkan kemungkinan Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kehadiran saya di Chile, Oktober nanti.

Demikianlah surat ini saya buat. Atas perhatiannya terima kasih banyak.


Hormat saya:

Ratna Sarumpaet

Baca Juga: Ratna Sarumpaet Berangkat ke Chile Didanai oleh Dinas Pariwisata DKI

2. Biaya yang disetujui oleh Dinas Pariwisata DKI berkisar Rp 60 juta - Rp 70 juta

Begini Isi Surat Pengajuan Dana Sponsor Ratna Sarumpaet ke ChilePixabay.com

Lalu, usai disetujui, berapa dana yang dialokasikan untuk keberangkatan Ratna ke Chile? Asiantoro mengatakan dana yang dianggarkan berkisar Rp 60 juta - Rp 70 juta untuk 6 hari keberadaannya di negara Amerika Latin itu. 

"Itu untuk biaya pulang pergi dan mencakup tiket, uang saku dan hotel," ujar Asiantoro ketika dikonfirmasi. 

Untuk membuktikan Ratna memang benar-benar diundang dalam acara tersebut, Dinas Pariwisata dan Budaya menunjukkan akun media sosial berisi informasi acara itu. 

"Nama Ratna sudah tercantum di Woman Playwrights International (WPI). Pada postingan 10 April 2018, nama Ratna sudah termasuk sebagai pembicara di konferensi tersebut," kata dia. 

Namun, saat dicek di akun Instagram tersebut, tidak ada unggahan atas nama Ratna yang tercantum sebagai pembicara. 

3. Pemprov DKI mengatakan warga lain juga bisa ikut mengajukan sponsor

Begini Isi Surat Pengajuan Dana Sponsor Ratna Sarumpaet ke ChileMetro TV

Menurut Asiantoro, mereka tidak mengistimewakan Ratna. Bahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI membuka peluang bagi warga lain yang ingin mengajukan hal serupa. 

"Bisa (ikut mengajukan dana) yang penting, punya prestasi dong. Harus punya prestasi yang jelas dulu," katanya lagi. 

Sebagai bukti, pada November mendatang, Disbudpar akan mengirimkan R. Franki S. Notosudirdjo atau lebih dikenal dengan nama Franki Raden dan timnya ke Korea Selatan. Ia merupakan penata musik untuk film dan sempat meraih penghargaan di Festival Film Indonesia. 

"Franki Raden mau ke Korea bersama timnya," kata dia lagi. 

Kalian tertarik mengajukan dana juga ke Pemprov DKI, guys?

Topik:

Berita Terkini Lainnya