[BREAKING] 5 WNI yang Baru Kena Virus Corona Kerja di Diamond Princess

Total 9 WNI di Diamond Princess yang kena virus corona

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri memastikan lima WNI lainnya yang dilaporkan positif terinfeksi virus corona merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess. Sehingga, dengan demikian total WNI yang terinfeksi virus corona di kapal pesiar mewah itu menjadi 9 orang. Sebelumnya, 4 WNI sudah dinyatakan terinfeksi virus corona sebelum para ribuan penumpang dari kapal tersebut diizinkan untuk meninggalkan kapal. 

"Perkembangan ini merujuk kepada hasil pemeriksaan medis yang dilakukan pada ABK Indonesia paska turunnya para penumpang," ujar Plt juru bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah melalui keterangan tertulis kepada IDN Times pada Senin (24/2). 

Faiza pun membenarkan bahwa kru kapal asal Indonesia bekerja di kapal pesiar Diamond Princess. Berarti, tersisa 69 WNI lainnya yang belum dinyatakan terjangkit virus mematikan dan berawal di Wuhan, Tiongkok tersebut.

74 WNI sebelumnya telah mengikuti tes kesehatan yang dilakukan oleh otoritas di Jepang. Proses itu sudah rampung pada akhir pekan lalu. Lalu, bagaimana dengan hasil pemeriksaan medis terhadap 69 WNI lainnya?

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha mengatakan, hasil tesnya akan keluar secara bertahap selama beberapa hari ke depan. Dengan bertambahnya jumlah WNI yang terinfeksi virus corona semakin mengonfirmai ketakutan para kru. Sebelumnya, melalui video yang direkam dan diunggah oleh stasiun berita ABC Australia Indonesia, mereka meminta kepada Pemerintah Indonesia agar secepatnya memboyong mereka ke Tanah Air. 

Mereka tak mau dibiarkan lebih lama di dalam kapal dan mati secara perlahan-lahan karena terjangkit virus itu.

"Kepada Presiden Jokowi yang terhormat, kami yang berada di Diamond Princess di Yokohama, sudah sangat takut ibaratnya dibunuh pelan-pelan. Kami di sini untuk menghidupi keluarga di Indonesia. Jangan biarkan kami sakit dan mati perlahan-lahan karena kelamaan dievakuasi," demikian pernyataan yang dibacakan oleh kru perempuan asal Indonesia di video tersebut. 

https://www.youtube.com/embed/11Z_De-8EJY

Baca Juga: Kru Diamond Princess Asal RI: Presiden Jokowi Jangan Biarkan Kami Mati

Topik:

  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya