[BREAKING] 6 Helikopter TNI AU Kibarkan Merah Putih Raksasa

Dua helikopter sudah dicat merah putih

Jakarta, IDN Times - Usai aksi fly pass di atas Istana Merdeka, TNI Angkatan Udara menampilkan atraksi pengibaran merah putih berukuran raksasa 30X20 meter. Bendera merah putih dikibarkan dengan menggunakan enam helikopter yang menggunakan sandi penerbangan "Nusantara Flight" dan dipimpin oleh Letnan Kolonel Penerbang Akhmad M. Mulyono. 

Sehari-hari, dia menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 6 yang berlokasi di Lanud Atang Sendjaya, Kabupaten Bogor.

"Dia juga merupakan alumni Angkatan Udara tahun 2002," ujar MC yang membacakan riwayat Akhmad. 

Enam helikopter itu terbagi menjadi dua tim. Masing-masing tim mengarak satu bendera merah putih berukuran raksasa. Di atas Istana Merdeka, helikopter membentuk giant flight formation. Menurut TNI, aksi pengibaran merah putih itu sekaligus menandakan sinergitas antar matra di tubuh TNI. 

Keenam helikopter yang dilibatkan terdiri dari satu helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8, tiga NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, dan dua NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma.

Tidak ada ucapan apapun dari dalam kokpit helikopter seperti yang disampaikan oleh pilot jet tempur F-16. Namun, Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin terlihat antusias ketika menyaksikan atraksi tersebut. 

Baca Juga: [BREAKING] Manuver Keren 8 Jet Tempur F-16 Fly Pass di Atas Istana Negara

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya