[BREAKING] Kebocoran Data, BPJS Klaim Layanan Kesehatan Tak Terganggu

Dewas minta kasus kebocoran data segera ditangani

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti memastikan layanan kesehatan para peserta tidak terganggu, meski terdapat insiden kebocoran data.

"Kami memastikan kepada peserta baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun untuk administrasi lainnya tetap berjalan," ujar Ali ketika memberikan keterangan pers virtual, Selasa (25/5/2021) di kantor BPJS Kesehatan. 

Ali menduga telah terjadi tindakan peretasan terhadap sistem keamanan mereka. Maka, pihaknya langsung melaporkan dugaan peretasan itu kepada Bareskrim Polri. 

Untuk memitigasi dampak tersebarnya data pribadi publik, BPJS Kesehatan telah berkomunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Siber Mabes Polri, dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Tujuannya agar bisa mengantisipasi dampak selanjutnya akibat kebocoran data tersebut. 

"Saat di Mabes Polri, tentu kami berharap (yang ditelusuri) fokusnya adalah peretasan," tutur Ali. 

Agar peristiwa serupa tak terulang, BPJS Kesehatan juga memperkuat perlindungan terhadap sistem keamanan teknologi informasi. Ali memastikan BPJS Kesehatan tak pernah membagikan data-data pribadi peserta di dunia maya. 

Selama ini, perlindungan terhadap keamanan data telah dilakukan secara berlapis oleh BPJS Kesehatan. "Kami telah menerapkan perlindungan data sesuai dengan standar ISO 27001 yang sudah tersertifikasi. Kami juga mengoperasikan Security Operation Centre yang bekerja 24 jam dalam 7 hari," ujarnya. 

Perlu diketahui, sebanyak 279 juta data warga Indonesia tersebar luas di situs forum peretas, Raid Forums. Data tersebut diduga identik dengan data BPJS Kesehatan.

Kemkominfo sudah memblokir situs Raid Forums. Namun, dalam pandangan ahli keamanan siber, pemblokiran adalah upaya yang sia-sia karena situs itu masih bisa diakses menggunakan VPN (Virtual Private Network). 

Baca Juga: [BREAKING] Akui Datanya Bocor, BPJS Kesehatan Lapor ke Bareskrim 

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya