Comscore Tracker

Sebelum Kena OTT, Walkot Medan Sempat Ikut Syukuran Pimpinan Baru KPK

Walkot Dzulmi bahkan berfoto bersama Lili Pintauli

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin terkonfirmasi diciduk oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi senyap yang digelar pada Selasa (15/10). Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) itu, penyidik mengamankan sebanyak tujuh orang lainnya, termasuk kepala dinas Pekerjaan Umum, protokoler, ajudan Wali Kota, dan pihak swasta. 

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan dari operasi senyap itu, tim penyidik sudah menemukan barang bukti berupa duit senilai lebih dari Rp200 juta. 

"Diduga itu adalah praktik setoran dari dinas-dinas yang sudah berlangsung beberapa kali. Tim masih mendalami lebih lanjut," kata Febri melalui keterangan tertulis pada Rabu (16/10). 

Rencananya mereka akan diboyong ke Jakarta untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Namun, ada fakta menarik lainnya terkait Walkot Dzulmi Eldin. Pada (6/10) lalu, ia sempat menghadiri acara syukuran terpilihnya Lili Pintauli Siregar sebagai salah satu dari komisioner baru KPK. 

Acara itu sempat menjadi pergunjingan di dalam lembaga antirasuah sebab acara syukuran tersebut bisa berpotensi menjadi pelanggaran etik bagi Lili. Mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) itu memang belum dilantik secara resmi oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo kendati sudah disahkan oleh DPR pada (16/9) lalu. 

Bagi sebagian pihak acara syukuran itu dinilai bisa menjadi ajang pembicaraan atau kesepakatan menyangkut kasus-kasus korupsi yang diduga melibatkan petinggi di Provinsi Sumatera Utara. Apalagi nama Dzulmi sempat disebut-sebut ikut menerima gratifikasi pada 2017 lalu dari proyek pembangunan Podomoro Deli City. Walau saat itu, Febri membantah Dzulmi sudah ditetapkan jadi tersangka. 

IDN Times pernah mengonfirmasi kepada Lili mengenai penyelenggaraan acara syukuran itu. Ia membenarkan memang ada acara syukuran di kediamannya di Jalan Garu VI Kecamatan Medan. 

"Acara itu sekejap saja (digelarnya) dari pukul 09:00 sampai pukul 17:00. Hanya reunian. Aktivitas diisi dengan membaca dan kumpul bersama keluarga serta teman," kata Lili melalui pesan pendek pada (13/10) lalu. 

Selain Dzulmi, acara syukuran turut dihadiri oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Wagub Musa Rajekshah, hingga Wakapolda Sumut, Brigjen (Pol) Mardiaz Kusin Dwihananto. Bahkan, dalam sebuah foto yang diunggah oleh Pemerintah Kota Medan, beberapa tamu penting itu ikut berfoto bersama. 

Ikuti terus perkembangan mengenai OTT yang menimpa Walkot Medan Dzulmi Eldin hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Lili Pintauli Siregar: Gila Aja Kalau Ingin Melemahkan KPK

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You