[BREAKING] Sofyan Basir Akhirnya Melenggang Keluar dari Rutan KPK

Ia keluar usai divonis bebas oleh PN Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Momen yang ditunggu oleh eks Direktur Utama PT PLN Persero, Sofyan Basir selama enam bulan terakhir akhirnya terjadi juga. Sofyan bisa menghirup udara bebas dan melenggang keluar dari rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin malam (4/11). 

Mengenakan kemeja biru dan abu-abu bermotif kotak-kotak, eks Direktur Utama BRI itu tampak melambaikan tangan ke arah media yang sudah lama menantinya. Ia keluar dari rutan KPK cabang Merah Putih K4 sekitar pukul 17:55 WIB. 

Dengan didampingi kuasa hukum Soesilo Aribowo, Sofyan menunjukkan surat pembebasannya dari rutan. Sofyan ditahan oleh penyidik KPK pada (27/5) lalu. Sehingga, ia telah menunggu momen pembebasannya ini selama hampir enam bulan. 

Lalu, apa komentarnya usai dibebaskan dari rutan KPK?

"Terima kasih banyak. Alhamdulilah sudah selesai semua (perkara hukum ini)," ujar Sofyan pada malam ini. 

Ia mengaku usai meninggalkan rutan KPK, Sofyan menuju ke rumah. Ia ingin beristirahat. 

"Gak ke mana-mana, (saya) pulang ke rumah, mau istirahat di rumah. Terima kasih banyak ya untuk perhatiannya," tutur dia lagi. 

Sofyan pun akhirnya meninggalkan rutan KPK dan memasuki mobil Toyota Alphard berwarna hitam dengan nomor polisi B 786 MSA. Dalam sidang vonis yang digelar pada Senin siang (4/11), majelis hakim menilai Sofyan tidak terbukti telah membantu perbuatan korupsi dengan memfasilitasi lima kali pertemuan antara eks anggota DPR dari komisi VII, Eni Maulani Saragih, pengusaha Johannes Kotjo, eks Ketua DPR, Setya Novanto dan petinggi di jajaran PLN. Pertemuan itu untuk membahas realisasi proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Majelis hakim juga menilai Sofyan tidak terbukti menerima aliran dana dari proyek tersebut. Ikuti terus perkembangan pemberitaan vonis bebas Sofyan hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: Divonis Bebas, Sofyan Basir Ucapkan Terima Kasih ke Pemerintah

Topik:

Berita Terkini Lainnya