Comscore Tracker

[BREAKING] TNI Temukan Puing di Lokasi Hilangnya KRI Nanggala-402

Barang-barang ini diyakini milik KRI Nanggala 402

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, sejak beberapa hari lalu sudah ditemukan beberapa puing yang diduga merupakan komponen yang melekat di kapal selam KRI Nanggala 402.

Puing-puing itu ditemukan di lokasi terakhir yang diduga merupakan posisi kapal selam buatan Jerman tersebut berada. Menurut Yudo, puing-puing ini tidak akan terangkat keluar bila tidak ada tekanan dari luar atau sudah terjadi keretakan. 

"Barang-barang ini diyakini merupakan milik KRI Nanggala 402," ujar Yudo ketika memberikan keterangan pers di Lanud Ops Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4/2021). 

Yudo juga menunjukkan benda-benda atau puing yang sudah ditemukan yang menurutnya bukan benda umum. Di radius 10 mile dari lokasi ditemukan benda-benda itu juga tak ditemukan kapal lain. 

"Berdasarkan keterangan dari mantan ABK dan komunitas kapal selam, benda-benda ini diyakini milik Kapal Selam Nanggala 402," tutur dia. 

Kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan hilang kontak pada Kamis, 22 April 2021 sekitar pukul 03.00 WITA,  ketika sedang melakukan latihan perang. Kapal yang mulai beroperasi sejak 1981 itu membawa 53 ABK. 

Baca Juga: BPPT: KRI Nanggala-402 Mungkin Terbawa Arus ke Perairan Lebih Dalam

Topic:

  • Rochmanudin
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya