Comscore Tracker

Curhat Raffi Ahmad ke Dedi Mulyadi: Soal Ikut Pesta Dilebih-lebihkan

"Datang ke sana pakai masker dan tes swab antigen"

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Golkar Dedi Mulyadi mengaku sempat menghubungi aktor dan presenter Raffi Ahmad usai menjadi sorotan publik. Raffi menjadi buah bibir lantaran ikut hadir dalam pesta ulang tahun pemilik restoran cepat saji, Ricardo Gelael tak lama setelah menerima vaksin CoronaVac di Istana Negara pada Rabu, 13 Januari 2021. 

Saat dihubungi IDN Times, Dedi mengaku sempat dijadikan tempat curhat oleh Raffi. Pemilik Rans Entertainment itu merasa pemberitaan mengenai dirinya terlalu berlebihan. Raffi merasa sudah mematuhi protokol kesehatan setelah menerima suntikan pertama vaksin COVID-19.

"Terkait berita yang ramai itu benar-benar digoreng. Padahal, saya datang ke rumah Om Kadok Ricardo Gelael pakai masker. (Sebelum) masuk ke rumahnya juga pakai tes swab antigen dulu. Kebetulan pas makan buka masker lalu Anya Geraldine ngajak foto, terus viral seolah-olah saya party keluyuran di restoran. Apes banget," ungkap Dedi menirukan kembali kalimat Raffi di pesan pendek pada Rabu (20/1/2021).  

Ia mengatakan sejak lama sudah mengenal Raffi. Sehingga, ketika Raffi diberitakan melanggar protokol kesehatan usai vaksinasi, Dedi langsung mengontaknya pada Minggu kemarin melalui pesan pendek. 

"Ini kan ramai (pemberitaan) karena yang hadir di pesta itu Raffi. Yang berkerumun kan banyak, di mana-mana ada kerumunan. Hanya kebetulan di Indonesia sensitif kalau ke tokoh publik yang jadi sorotan," tutur dia lagi. 

1. Dedi Mulyadi nilai Raffi Ahmad tak melanggar protokol kesehatan meski Jakarta sedang PPKM

Curhat Raffi Ahmad ke Dedi Mulyadi: Soal Ikut Pesta Dilebih-lebihkanAktor Raffi Ahmad disuntik vaksin CoronaVac pada 13 Januari 2021 (Dokumentasi Sekretariat Kepresidenan)

Ketika ditanya pendapatnya, Dedi menilai apa yang dilakukan oleh Raffi tak melanggar protokol kesehatan. Sebab, Raffi menghadiri acara pesta ulang tahun di rumah pribadi dan menggunakan masker. Walaupun pada Rabu lalu, Jakarta termasuk salah satu area yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 25 Januari 2021. 

"Di DPR, kami kan juga ngumpul untuk rapat tiap hari. Di DPR dalam sehari kan (yang ikut) bisa ada 30 hingga 40 (anggota) di dalam ruangan yang sama. Yang penting kan pakai masker, jaga jarak, bisa saja. Saat makan ya mau gak mau maskernya dilepas juga," tutur Dedi. 

Merujuk kepada Peraturan Gubernur DKI nomor 3 tahun 2021 mengenai peraturan pelaksanaan Perda nomor 2 tahun 2020 tentang penanggulangan corona virus disease 2019, dalam bagian kedua mengenai penerapan PHBS pencegahan COVID-19 pasal 4 poin b tertulis "membatasi aktivitas ke luar rumah hanya untuk kegiatan yang penting dan mendesak." Di poin f tertulis "membatasi diri untuk tidak berada di dalam kerumunan orang." Raffi dan tokoh publik lainnya yang hadir di pesta tersebut dianggap melanggar ketentuan tersebut.

Dari sisi penyelenggara pesta ulang tahun, ia diduga melanggar pasal 33 poin 2a tertulis "memiliki izin keramaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan." Berdasarkan keterangan Polsek Mampang Prapatan, tuan rumah penyelenggara pesta tak meminta izin kepada pihak terkait untuk menggelar acara tersebut.

Baca Juga: Polda Metro: Raffi Ahmad Tidak Terbukti Melanggar Protokol Kesehatan

2. Polda Metro Jaya menilai Raffi Ahmad tak melanggar protokol kesehatan

Curhat Raffi Ahmad ke Dedi Mulyadi: Soal Ikut Pesta Dilebih-lebihkanKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Yusri Yunus mengatakan Raffi tidak melanggar protokol kesehatan ketika hadir dalam acara ulang tahun pada Rabu pekan lalu. Selama ini Raffi dituding oleh publik melanggar aturan yang tertulis dalam pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Unsur dugaan pelanggaran Prokes tidak terbukti kepada RA (Raffi Ahmad)," ujar Yusri di Depok pada Senin, 18 Januari 2021. 

Ia menjelaskan acara ulang tahun itu justru sudah mematuhi protokol kesehatan karena di lokasi sudah disiapkan tes swab dan hanya mengundang 18 tamu undangan. 

Tiga pilar Satgas penanganan COVID-19, kata Yusri, sudah meminta keterangan kepada pengusaha Ricardo Gelael. Dari hasil keterangan yang diberikan, kegiatan di rumah bos KFC itu bersifat privat dan hanya mengundang orang terdekat.

"Kegiatan privacy yang dihadiri undangan terdekat semua sudah kami mintai keterangan," ucap Yusri.

Rencananya hasil gelar perkara Raffi akan diumumkan besok, Kamis (21/1/2021). 

3. Istana menegur Raffi Ahmad karena keluyuran usai ikut vaksinasi COVID-19

Curhat Raffi Ahmad ke Dedi Mulyadi: Soal Ikut Pesta Dilebih-lebihkanInstagram.com/raffinagita1717

Sementara, aksi Raffi itu direspons oleh Istana. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Santoso mengatakan pihaknya menasihati Raffi. 

"Baik terima kasih infonya, kami akan nasihati," ujar Heru kepada media saat dikonfirmasi terkait hal ini, Kamis, 14 Januari 2021 lalu. 

Juru bicara vaksinasi COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro ikut mengingatkan Raffi agar tetap melakukan protokol kesehatan meski sudah menerima vaksin. "Semua harus tetap disiplin protokol kesehatan, termasuk yang sudah divaksinasi," ungkap Reisa seperti dikutip kantor berita ANTARA, Kamis (14/1/2021). 

Lantaran mendapat protes yang bertubi-tubi dari publik, Raffi pun meminta maaf melalui akun Instagramnya. Ia mengakui seharusnya tetap mengenakan masker ketika berinteraksi dengan teman-temannya sesama publik figur. 

"Terkait peristiwa tadi malam, di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," katanya. 

Meski begitu masalah tidak langsung selesai. Seorang pengacara bernama David Tobing menggugat Raffi secara perdata ke Pengadilan Negeri Depok. Sidang perdana dijadwalkan pada 27 Januari 2021.

https://www.youtube.com/embed/zIJ5erlE7Bs

Baca Juga: 9 Momen Meriah Pesta Ulang Tahun Bos KFC, Ada Raffi Ahmad hingga Ahok

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya