Dapat Ucapan Ulang Tahun Bertubi-tubi, Jokowi Ucapkan Terima Kasih

Jokowi merayakan hari lahir ke-61 bersama Megawati

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat ulang tahun yang ia terima sejak dini hari tadi. Jokowi merayakan hari lahirnya yang ke-61. Di hari ulang tahunnya itu, dia membuka rapat kerja nasional PDI Perjuangan (PDIP) di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 

"Saya menerima tak terbilang banyaknya ucapan sejak dini hari tadi. Terima kasih yang tak terhingga untuk Anda semua. Syukur ke hadirat Allah SWT untuk karunia kesehatan dan keselamatan atas diri saya, keluarga dan seluruh rakyat Indonesia," ungkap Jokowi di akun media sosialnya pada Selasa, (21/6/2022). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengunggah respons terima kasih dengan menggunakan fotonya ketika menghabiskan libur Idul Fitri 2022 di Yogyakarta. Saat itu, Jokowi menghabiskan waktu libur hari raya bersama ketiga cucunya.

Ia berharap dengan banyaknya doa dan ucapan selamat bisa menjadi kekuatan dan semangat untuk bersama-sama memajukan Indonesia. Namun, Jokowi sudah sejak lama diketahui tak pernah membuat perayaan khusus ulang tahun. 

Ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berseloroh bahwa ia hanya orang desa sehingga tak pernah merayakan hari ulang tahunnya. "Ya gimana? Wong saya ndeso. Saya gak pernah (merayakan) ulang tahun," katanya pada 2013 lalu.

Namun, tahun ini, hari ultah Jokowi dirayakan bersama Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Apakah Mega memberikan kado khusus?

Baca Juga: Ucapkan Selamat Ultah untuk Jokowi, Luhut: Beliau Pemimpin dan Sahabat

1. Perayaan ultah Jokowi ikut dihibur oleh penyanyi kenamaan Krisdayanti

Dapat Ucapan Ulang Tahun Bertubi-tubi, Jokowi Ucapkan Terima KasihKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (ketiga dari kanan) usai memberikan potongan nasi tumpeng ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo di hari Ultah ke-61 pada Selasa, 21 Juni 2022. (Dokumentasi PDIP)

Mega rupanya menyiapkan nasi tumpeng khusus dalam peringatan ultah ke-61 Jokowi di Sekolah Partai PDIP. Bahkan, Mega juga memotong nasi tersebut dan diberikan kepada kadernya itu. 

Tak ketinggalan, penyanyi kenamaan Krisdayanti yang notabene juga kader PDIP ikut menghibur presiden dan kader lainnya. Krisdayanti membawakan lagu Selamat Ulang Tahun milik band Jamrud.

Jokowi juga memotong langsung tumpeng lengkap dengan lauk tempe, tahu, udang, petai, hingga telur. Pemotongan dilakukan di hadapan para kader dan peserta rakernas. Potongan tumpeng pertama, diberikan Jokowi kepada Mega.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Ultah untuk Jokowi, Luhut: Beliau Pemimpin dan Sahabat

2. Jokowi puji aura kecantikan Mega tak pernah pudar

Dapat Ucapan Ulang Tahun Bertubi-tubi, Jokowi Ucapkan Terima KasihPresiden Jokowi dan Megawati tiba di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sementara, ketika menyampaikan sambutan di pembukaan rakernas PDIP, Jokowi sempat melontarkan pujian untuk Mega. Mantan Wali Kota Solo itu menyebut aura kecantikan Mega dari dulu tak pernah pudar. 

"Betul kata Bu Mega, beliau memang hari ini sejak saya ketemu tadi pagi, memang beliau auranya adalah sangat cantik sekali dan sangat karismatik," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan pujiannya itu benar-benar dari lubuk hati yang paling dalam. Dia pun meminta peserta Rakernas PDIP untuk bertepuk tangan lebih keras.

"Ini benar dari lubuk hati yang paling dalam saya sampaikan. Auranya betul-betul, meskipun sudah berumur 57 (sesungguhnya 75) tahun tapi aura kecantikannya tidak pernah pudar. Tepuk tangannya kurang. Merdeka, merdeka, merdeka!" katanya disambut ramai tepuk tangan peserta rakernas.

Pujian Jokowi untuk Mega itu seolah untuk memberikan persepsi ke publik bahwa pemberitaan bahwa keretakan hubungan keduanya jelang pemilu 2024 tidak benar.

3. Jokowi anggap hubungannya dengan Mega seperti ibu dan anak

Dapat Ucapan Ulang Tahun Bertubi-tubi, Jokowi Ucapkan Terima KasihPerayaan ulang tahun Presiden RI Joko Widodo saat Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Sementara, untuk meyakinkan bahwa hubungannya dengan Mega baik-baik saja, Jokowi kembali menunjukkan kebersamaan dengan Presiden ke-5 RI itu. Sebelumnya, ia hadir dalam peresmian Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada 8 Juni 2022 lalu. 

"Siapa bilang (hubungan saya dan Bu Mega) renggang? Saya dengan ibu Megawati sudah seperti keluarga besar. Jelas, kan?" kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, layaknya seorang anak, wajar jika dalam perjalanan relasi, kadang bandel atau nakal. Ia menilai itu hanya persoalan biasa.

"Bahwa dalam perjalanan anak kadang ada yang bandel. Ada yang nakal, biasa. Itu wajar. Jangan ditarik ke mana-mana," tutur dia lagi.

Baca Juga: Dihibur Krisdayanti, Ulang Tahun Jokowi Dirayakan di Rakernas PDIP

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya