Diarak Saat Tinjau Banjir, Dirut KAI: Sedang Ngecek Kelayakan Rel

"Intinya, kami ini betul-betul ingin lihat fasilitas KA"

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Kereta Api Utama (KAI), Edi Sukmoro buka suara mengenai videonya yang viral saat tengah meninjau banjir di Depo Bukit Duri, Jakarta Selatan, pada Kamis (2/1). Menurut Edi, saat itu ia hanya sedang mengecek kondisi rel dan lintasan kereta api yan terendam banjir. 

"Intinya gini lah kami ini betul-betul ingin melihat kondisi fasilitas KA yang memang pada saat ini bukan cuma satu titik, tapi di beberapa titik itu tergenang air sehingga kita betul-betul prihatin concern, harus dilakukan tindakan cepat. Kalau enggak, mungkin kereta yang diparkir di situ malah bukan tidak bisa dioperasikan lagi, malah rusak," ujar Edi pada Jumat (3/1) seperti dikutip dari kantor berita Antara

Lalu, seberapa parah dampak banjir terhadap lalu lintas transportasi kereta api pada pekan ini?

1. Perjalanan kereta di Daop 2 terganggu akibat pohon tumbang dan longsor

Diarak Saat Tinjau Banjir, Dirut KAI: Sedang Ngecek Kelayakan RelDok.IDN Times/Istimewa

Edi menjelaskan ia memastikan kelaikan rel tidak hanya di Depo Bukit Duri, Jakarta Selatan. Namun, juga di sejumlah titik dan luar Jadebotabek.

Ia juga menyebut yang terdampak banjir tidak hanya rel di sepanjang Daop (Daerah Operasi) 1, tapi juga Daop 2. Hal itu disebabkan pohon tumbang dan limpasan air. Selain itu ada pula longsor yang terjadi di Stasiun Cigombong. 

"Jadi, saya tidak putus berkeliling ke mana pun," ujar Edi. 

Baca Juga: Kelakuan Dirut PT KAI Naik Getek Saat Tinjau Banjir Diprotes Warganet

2. PT KAI belum menghitung kerugian akibat banjir tahun 2020

Diarak Saat Tinjau Banjir, Dirut KAI: Sedang Ngecek Kelayakan RelANTARA FOTO

Sementara, ketika ditanyakan mengenai prediksi kerugian yang diderita oleh PT KAI gara-gara banjir pada awal tahun 2020, Edi mengaku belum bisa menghitungnya. 

"Kalau hitungan pasti gampang, tetapi pasti sekarang tidak memikirkan hitungan dulu, bagaimana caranya melakukan evakuasi orang-orang terdampak. Kemudian memperbaiki jalur yang pada saat ini perlu diperiksa dulu kalau terjadi sesuatu, perbaikan dilakukan dulu," katanya.

3. Direktur PT KAI diprotes warganet karena diarak menggunakan derek ketika meninjau banjir di Depo Bukit Duri

Diarak Saat Tinjau Banjir, Dirut KAI: Sedang Ngecek Kelayakan Rel(Dirut PT KAI diarak dengan menggunakan getek) www.twitter.com/@Alvin6177

Dirut PT KAI, Edi Sukmoro pada hari ini menjadi perhatian karena di saat tinggi genangan air yang tidak terlalu parah, ia malah terlihat duduk di atas kursi getek dan didorong oleh beberapa pegawainya. 

Peristiwa itu direkam dan kemudian viral di media sosial. Di dalam video berdurasi kurang dari 20 detik itu, Edi turut didampingi oleh Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia Wiwik Widayanti. Mereka tengah meninjau kondisi depo KRL Bukit Duri. 

Banyak warganet yang mencibir kelakuan Edi, seolah-olah ia tak berani menghadapi air genangan kendati telah mengenakan sepatu boot. 

Baca Juga: Penumpang Liburan Nataru Meningkat, PT KAI Siagakan Keamanan Kereta

Topik:

Berita Terkini Lainnya