Dicalonkan Gerindra Jadi Cagub DKI, Riza: Saya Serahkan ke Partai

Partai Gerindra berhasil menang dua kali di Pilkada DKI

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra mulai siapkan Ahmad Riza Patria untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Hal itu disampaikan Sekretaris Partai Gerindra Ahmad Muzani ketika menghadiri acara konsolidasi dan buka puasa bersama, dengan seluruh pengurus ranting partai se-DKI Jakarta. 

"Kita harus siapkan kader terbaik untuk diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Sosok itu saya kira ada pada saudara Ahmad Riza Patria. Kita harus menangkan pada Pilgub DKI 2024 mendatang," ungkap Muzani, Rabu, 27 April 2022. 

Riza saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI mendampingi Anies Baswedan. Sebelumnya, posisi wagub DKI diisi Sandiaga Uno yang memilih ikut Pilpres 2019 bersama Prabowo Subianto. Namun, Sandi gagal terpilih menjadi wakil presiden. 

Meski begitu, saat Prabowo memilih merapat ke pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Sandi diberi kepercayaan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di sisi lain, Muzani optimistis Gerindra bisa memenangkan Pilkada DKI Jakarta, lantaran sebelumnya partai tersebut sudah dua kali menang di ibu kota. 

Pada Pilkada 2017, mereka berhasil memenangkan Anies. Sedangkan, di Pilkada 2012, Gerindra yang ikut mendukung Jokowi juga berhasil menang. 

"Pada pemilu 2024 nanti, Partai Gerindra harus menang kembali di DKI Jakarta," katanya. 

Lalu, apa respons Riza yang resmi diumumkan disiapkan Gerindra untuk menggantikan Anies?

1. Riza siap diajukan sebagai cagub DKI pilihan Gerindra

Dicalonkan Gerindra Jadi Cagub DKI, Riza: Saya Serahkan ke PartaiWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Instagram.com/bangariza)

Sementara, Riza mengaku siap jika memang diberikan mandat oleh Partai Gerindra untuk maju dalam Pilkada 2024. Tetapi, soal tiket pencalonan, diserahkan Riza sepenuhnya kepada DPP. 

"Pada prinsipnya kalau saya, kita laksanakan tugas sebagai wagub sampai Oktober dengan sebaik-baiknya. Selebihnya, kita kerja dulu. Sisanya ya tadi saya serahkan ke partai," ungkap pria yang menjabat sebagai Ketua DPD DKI dari Gerindra. 

Di sisi lain, Sekretaris DPD Gerindra DKI, Rani Mauliani, tak menampik bahwa Riza merupakan calon potensial dari internal partainya. Riza, kata dia, diyakini punya modal elektoral dan dukungan partai yang solid. Apalagi kini posisinya masih sebagai petahana di kursi wakil gubernur. 

"Kalau Pak Riza maju, sebenarnya bukan hal yang aneh, karena beliau sudah bekerja sebagai wagub. Minimal dia sudah tahu petanya DKI seperti apa. Pak Ahmad Muzani (Sekretaris Gerindra) bilang kita akan dengarkan suara dari ranting PAC, DPC, dan DPRD," ungkap Rani. 

Baca Juga: Ahmad Riza Patria Bakal Maju di Pilgub DKI, Gerindra: Cek Ombak Dulu

2. Gerindra mulai siapkan mesin partai untuk kembali menangkan Pilkada Jakarta

Dicalonkan Gerindra Jadi Cagub DKI, Riza: Saya Serahkan ke PartaiSekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani (tengah mengenakan kemeja batik) di kantor pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2018 (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

Meski pilkada DKI Jakarta baru akan digelar pada 2024, tetapi Gerindra sudah terlihat mulai memanaskan mesin partai tahun ini. Muzani mengatakan DKI Jakarta adalah maskot Partai Gerindra di tingkat nasional. Maka, pada Pemilu 2024, Gerindra harus bisa kembali meraih kemenangan di Jakarta. 

Muzani pun meminta kepada seluruh ranting, PAC dan DPC mulai bekerja dan menyiapkan diri masing-masing. "Saya minta dengan hormat para pengurus ranting, PAC agar dari sekarang kita mulai bekerja keras. Kita menjadi besar karena kerja habib, ulama, ustaz dan guru-guru kita," kata dia. 

Selain itu, Muzani mengklaim Gerindra juga bisa menang di pilkada lalu lantaran mendapat dukungan dari ibu-ibu, pedagang kaki lima, hingga pengemudi ojek daring. 

3. Prabowo direncanakan menemui pengurus ranting Partai Gerindra

Dicalonkan Gerindra Jadi Cagub DKI, Riza: Saya Serahkan ke PartaiKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Muzani menambahkan ia telah melaporkan acara kegiatan buka puasa. Menurutnya, Prabowo dalam waktu dekat akan menemui pengurus ranting dan PAC Partai Gerindra. Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk apresiasi dari ketua umum terhadap kerja keras kader Gerindra di bawah. 

"Jadi, beliau (Prabowo) menyampaikan kegembiraan dan keinginannya untuk menemui saudara-saudara semua dalam waktu dekat. Pak Prabowo tidak hanya berencana menemui kader-kader Gerindra di Jakarta saja tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia," tutur pria yang juga menjadi Ketua Fraksi Gerindra di MPR itu. 

Baca Juga: Jelang Pensiun Jadi Gubernur, Anies Janji Gak Ada Perpanjangan Jabatan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya