Ditanya Bakal Nonton Balap Formula E, Anies: Lihat Besok Deh!

Formula E kali pertama digagas Anies saat jabat gubernur

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan belum memastikan bakal hadir di pagelaran balap mobil listrik Formula E 2023. Rencananya balap Formula E pada tahun ini digelar sebanyak dua kali yaitu 3 Juni 2023 dan 4 Juni 2023. 

"Baiknya gimana? (Nonton atau tidak)," ungkap Anies menjawab pertanyaan media di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Jumat (2/6/2023). 

Saat didorong oleh media untuk ikut menonton balap Formula E lantaran program itu digagas kali pertama oleh dirinya saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies tidak juga memberikan kepastian bakal hadir atau tidak. "Lihat besok deh ya," katanya singkat. 

Anies lalu bergegas pergi menuju ke mobilnya. Lantaran Pemprov DKI Jakarta ngotot tetap menggelar Formula E pada 2022, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga ada praktik rasuah. Anies pun sempat dipanggil ke Gedung komisi antirasuah untuk dimintai klarifikasi. 

Apakah balap mobil listrik Formula E tahun ini masih tetap diminati publik?

1. Sebanyak 40 ribu tiket Formula E 2023 ludes terjual

Ditanya Bakal Nonton Balap Formula E, Anies: Lihat Besok Deh!Penampakan mobil Gen3 yang akan dipakai di Formula E 2023 Jakarta. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sementara, Direktur Utama PT Jakartan Propertindo, Iwan Takwin, mengatakan sebanyak 40 ribu tiket Formula E sudah ludes terjual. Rencananya balap mobil listrik itu digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. 

"Ludesnya tiket menunjukkan tingginya antusias masyarakat terhadap balapan Formula E," ungkap Iwan di dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Alhasil, FEO (Formula E Operation) memercayakan lagi Indonesia jadi tuan rumah musim depan. Rencananya, balapan tahun depan digelar pada 8 Juni 2024.

Dia menilai panitia berhasil mengemas ajang balap mobil listrik bergengsi ini. "Hasilnya, Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar satu seri balapan Formula E oleh Formula E Operation (FEO) pada 2024," katanya.

Selain menyaksikan balapan Formula E, para pemilik tiket juga akan disuguhkan dengan konser musik dari artis papan atas Indonesia dan internasional. Beberapa artis yang akan tampil diantaranya, Alan Walker, DJ Sergio Berlino, Sam Feldt, DJ KK, Onnie N Friends, Ari Lasso, Rossa, Judika, Slank, Winky Wiryawan, RAN, Cakra Khan, Lyodra, Kla Project, Lea Simanjuntak, Momo Geisha, Angel Pieters, Angger Dimas, serta DJ Yasmin.

Baca Juga: Tiket Formula E 2023 Jakarta Ludes, 40 Ribu Fans Siap Hadir

2. Formula E 2023 Jakarta digelar double header

Ditanya Bakal Nonton Balap Formula E, Anies: Lihat Besok Deh!Suasana persiapan di Jakarta International ePrix Circuit (JIEC), Selasa (9/5/2023). (IDN Times/Tino).

Indonesia dipastikan bakal menggelar dua seri balapan alias double header Formula E musim ini. Ajang bergengsi itu dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit, 3-4 Juni 2023 mendatang.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang menggelar double header untuk Formula E 2023. Tercatat, ada empat negara lain yang menggelar dua seri beruntun dari balapan minim emisi, yakni Arab Saudi, Jerman, Italia, dan Inggris.

3. Formula E 2023 Jakarta disoroti karena minim sponsor lokal

Ditanya Bakal Nonton Balap Formula E, Anies: Lihat Besok Deh!Potret Jakarta International Circuit jelang Formula E 2022. (IDN Times/Fauzan)

Sementara, perhelatan Formula E 2023 tetap disoroti oleh DPRD DKI Jakarta. Anggota komisi B DPRD DKI, Manuara Siahaan melihat balap mobil listrik itu kurang menarik bagi sponsor lokal. Berdasarkan data dari PT Jakpro, baru ada satu sponsor lokal yaitu perusahaan gula pasir Gulavit. 

"Mungkin saja pihak sponsor lokal tidak ada yang tertarik, buktinya promosinya kurang," ungkap Manuara kepada media pada Kamis (1/6/2023).

Ketidakhadiran badan usaha milik negara (BUMN) dari daftar sponsor juga menjadi pertanyaan. Manuara menduga, perusahaan BUMN enggan bekerjasama sebab tidak ada arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir.

"Perusahaan BUMN ini di bawah Menteri BUMN. Mungkin mereka takut memberikan sponsor karena tidak diberikan perintah dari atas," katanya lagi. 

Baca Juga: Ini Jadwal dan Cara Menonton Formula E 2023 Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya