Comscore Tracker

Diundang Istana Hadir ke Pernikahan Kaesang, Rizal Ramli Pilih Absen

Rizal mengaku ada kegiatan di Riau

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Kemaritiman, Rizal Ramli mengaku ikut diundang oleh Istana untuk hadir dalam pernikahan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun, ia terpaksa absen lantaran sudah memiliki agenda untuk hadir di sebuah acara di Riau. Hal itu diunggah oleh Rizal melalui akun media sosialnya. 

"Mas Jokowi, terima kasih (untuk) undangannya. Selamat, semoga berbahagia dan amanah. Maaf, tidak bisa hadir. Keburu akan ada acara di Riau. Semoga sukses," demikian cuit Rizal di akun Twitternya pada (3/12/2022). 

Di dalam cuitan tersebut, Rizal turut mengunggah bagian depan undangan pernikahan Kaesang. Ia tidak mengunggah foto detail isi acara pernikahan putra bungsu Jokowi tersebut.

Cuitan Rizal itu langsung direspons oleh sang calon pengantin pria. "Mohon doanya, Pak," cuit Kaesang Pangarep merespons unggahan Rizal. 

Kaesang sudah pernah mengungkapkan bahwa pernikahannya akan digelar dua hari dan dimulai pada Sabtu, (10/12/2022). Pernikahan Kaesang bakal dilaksanakan di Yogyakarta dan Solo. Total ada sekitar 3.000 tamu yang bakal diundang. 

Pihak istana menugaskan Menteri BUMN, Erick Thohir untuk mengatur resepsi pernikahan yang akan digelar pada Minggu, (11/12/2022) di Pura Mangkunegaran, Surakarta. 

Bagaimana konsep resepsi pernikahan Kaesang dan Erina pada pekan depan?

1. Acara resepsi turut dimeriahkan kirab budaya dan 9 panggung buat masyarakat Solo

Diundang Istana Hadir ke Pernikahan Kaesang, Rizal Ramli Pilih AbsenErina Gudono dan Kaesang Pangarep (instagram.com/erinagudono | instagram.com/kaesangp)

Sementara, pada 27 November 2022 lalu telah dilakukan gladi kotor resepsi pernikahan Kaesang-Erina. Acara dimulai dari Loji Gandrung menuju ke Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Di sana tampak terlihat enam kereta kencana dan 12 kuda yang nantinya bakal digunakan oleh pasangan mempelai. 

Erick Thohir turut hadir dalam acara gladi kotor tersebut. Ia terlihat memberikan arahan ke sejumlah pihak yang ikut dalam acara itu. 

Kepada media, Erick sempat menyebut bahwa resepsi pernikahan Kaesang-Erina bakal meriah dan turut melibatkan masyarakat Solo. Ia menyebut bakal ada sembilan panggung untuk masyarakat.

"Ya, nanti akan ada pesta rakyat. Saya belum bisa komunikasikan secara detail tapi kan nanti ada festival kecil-kecilan. Ada 9 panggung buat masyarakat," ungkap pria yang dulu menjadi ketua tim sukses Jokowi-Ma'ruf Amin itu pada 20 November 2022 lalu.

Baca Juga: Kaesang Menikah 10 Desember, Gelar Resepsi 2 Hari Undang 3.000 Tamu

2. Kaesang sudah mulai masa dipingit sebelum menikah

Diundang Istana Hadir ke Pernikahan Kaesang, Rizal Ramli Pilih AbsenKaesang Pangarep (Instagram.com/kaesangp)

Sementara, di akun media sosialnya, Kaesang mengatakan bahwa ia sudah menjalani masa pingitan. "Biasanya jam segini ditemenin Erina main sepak bola. Tapi, sekarang wes dipingit," kata Kaesang di akun Twitternya pada hari ini. 

3. Acara pernikahan di Yogyakarta hanya dihadiri keluarga inti

Diundang Istana Hadir ke Pernikahan Kaesang, Rizal Ramli Pilih AbsenErina Gudono dan Kaesang (dok. Sekretariat Presiden RI)

Lebih lanjut, Kaesang mengatakan, acara pernikahan yang digelar di Yogyakarta hanya akan dihadiri keluarga inti. Sementara, pernikahan di Solo lebih banyak dihadiri pejabat yang notabene kolega sang ayah. 

"Tamu nanti banyak di Solo. Kalau di Jogja hanya untuk keluarga. Untuk menteri-menteri itu urusan bapak. Aku cuma ngatur kapan-kapannya aja," kata Kaesang pada 19 November 2022 lalu. 

Adik dari Wali Kota Solo itu juga menjelaskan alasan memilih tanggal pernikahan pada 10 Desember 2022. Kaesang menyebut tanggal tersebut dipilih lantaran menyocokan dengan kegiatan Jokowi. 

"Karena itu (tanggal) yang Bapak bisa," tutur dia.

Baca Juga: Mesra! Kaesang Pamer Foto Prewed dengan Erina Gudono Pakai Jersey Bola

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya