DPP PAN Tunjuk Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR Pengganti Zulhas 

Zulkifli Hasan ditunjuk jadi Menteri Perdagangan

Jakarta, IDN Times - DPP Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya memutuskan untuk menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR. Hal ini merupakan tindak lanjut usai Zulkifli Hasan ditunjuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Menteri Perdagangan pada 15 Juni 2022 lalu. 

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengaku sudah menginstruksikan Fraksi PAN di MPR agar segera menyerahkan Surat Keputusan (SK) pergantian Zulkifli kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo. Menurutnya, posisi sebagai Wakil Ketua MPR harus segera terisi agar bisa langsung menjalankan tugas dan fungsinya. 

"Sudah diputuskan bahwa Saudara Yandri Susanto menjadi Wakil Ketua MPR RI. Karena itu kami telah instruksikan Fraksi PAN MPR untuk menyerahkan SK kepada Ketua MPR RI," ujar Eddy melalui keterangan tertulis, Selasa (28/6/2022). 

Eddy pun mengucapkan selamat kepada Yandri karena dipercaya menjadi Wakil Ketua MPR. Ia pun berharap Yandri bisa sukses dan amanah ketika menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua MPR. 

"DPP PAN mengucapkan selamat kepada Saudaraku Yandri Susanto, semoga sukses dan amanah dalam menjalankan tugas-tugas kebangsaan sebagai Wakil Ketua MPR RI," tutur dia. 

Apa komentar Yandri usai diberi kepercayaan menjadi Wakil Ketua MPR RI?

1. Yandri ucapkan terima kasih telah diberi kepercayaan jadi Wakil Ketua MPR

DPP PAN Tunjuk Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR Pengganti Zulhas IDN Times / Irfan Fathurohman

Sementara, ketika dikonfirmasi oleh media, Yandri mengucapkan terima kasih kepada Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN yang telah memberikan kepercayaan dan menunjuknya menjadi Wakil Ketua MPR RI. Ia mengatakan, surat dari Fraksi PAN sudah dikirim ke MPR.

"Terakhir, saya barusan telepon dengan Pak Ketua MPR, Pak Bambang Soesatyo. Suratnya sudah masuk dan sekarang sedang diproses untuk proses pelantikan," ungkap Yandri di kompleks parlemen Senayan pada hari ini. 

Ia mengaku telah diinformasikan bahwa pelantikan dirinya menjadi Wakil Ketua MPR bakal digelar pada Kamis, 30 Juni 2022 pukul 13:00 WIB. "Info terakhir yang saya dapatkan dari DPR, pelantikannya siang. Jadi, bersamaan dengan beberapa PAW (Pengganti Antar Waktu) MPR," kata dia. 

Sehingga, ia memprediksi tak akan dilantik seorang diri. "Kan kemarin ketika pelantikan anggota DPR, sekaligus pelantikan anggota MPR," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Jokowi Pesan ke Mendag Jelang Idul Adha: Harga Pangan Harus Terjangkau

2. Yandri sebut dapat sejumlah pesan dari Ketum PAN

DPP PAN Tunjuk Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR Pengganti Zulhas Ketua Komisi 8 DPR Yandri Susanto (IDN Times/Aldzah Aditya)

Ia pun mengakui mendapat sejumlah pesan dari sang Ketua Umum, Zulkifli Hasan. Apalagi pria yang akrab disapa Zulhas itu sudah malang melintang menjadi Ketua MPR selama lima tahun. Lalu, disusul menjadi Wakil Ketua MPR selama 2,5 tahun. 

"Tentu Beliau menjadi guru saya selama ini. Saya akan banyak meneruskan atau minimal mendekati cara Beliau untuk menjadi pimpinan MPR. Di samping itu, tentu saya juga siap untuk bekerja dengan pimpinan MPR yang lain," ujar Yandri. 

Ia menjelaskan, masing-masing tupoksi Wakil Ketua MPR sudah jelas. Sehingga, Yandri mengaku bakal tetap berada di koridor yang menjadi tupoksinya saja. 

Ia turut mengatakan, secara otomatis akan pindah rumah dinas. Meski, kata Yandri, ia tak terlalu memusingkan fasilitas yang melekat sebagai anggota parlemen itu. 

"Saya ikut saja lah. Apa yang melekat ketika saya menjadi Wakil Ketua MPR, kalau memang itu fasilitasnya ya saya ikut saja. Insyaallah akan saya pergunakan sebaik-baiknya," tutur dia lagi. 

3. Yandri sudah menjadi anggota DPR selama tiga periode

DPP PAN Tunjuk Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR Pengganti Zulhas Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (30/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Karier Yandri di dunia politik tergolong gemilang. Di usia yang baru mencapai 48 tahun, ia sudah didapuk menjadi Wakil Ketua MPR. 

Berdasarkan situs resmi DPR, Yandri telah menjabat sebagai anggota DPR selama tiga periode berturut-turut, yakni pada 2012-2014, 2014-2019 dan 2019-2024. Khusus di periode ketiga, ia maju dari daerah pemilihan Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Kota Serang. 

Ia masuk ke PAN dengan posisi awal sebagai Wakil Sekjen DPP Barisan Muda PAN pada periode 2004-2006. Kariernya di PAN terus moncer hingga kini ia duduk sebagai Wakil Ketua Umum DPP PAN pada periode 2020-2025. 

Baca Juga: Mendag Zulhas: PM Pakistan Minta Dikirimkan 300 Ribu Ton Minyak Goreng

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya